Bola / bola-indonesia
RR Ukirsari Manggalani | Adie Prasetyo Nugraha
Acara Webinar Kampus Bicara Bola yang diselenggarakan Universitas 17 Agustus 1945 yang dihadiri ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan dan Ketua Komisi X DPR RI, Syaiful Huda (dok. PSSI)

Suara.com - Komisi X DPR RI memberikan dukungan kepada PSSI untuk menggelar kompetisi sepak bola meski pandemi Covid-19 masih berlangsung. Berbagai hal jadi pertimbangannya.

Kompetisi sepak bola profesional di Tanah Air sudah berhenti sejak Maret 2020 karena wabah virus Corona. PSSI belum bisa kembali menjalankannya karena Kepolisian tak memberikan izin.

Sebagai contoh, rencana PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) melanjutkan kompetisi 2020 pada Oktober lalu gagal, lantaran Polri tak mengeluarkan izin dengan pertimbangan masih tingginya angka penyebaran virus Corona.

Padahal, PSSI dan PT LIB meyakini kompetisi bisa dijalankan menggunakan protokol kesehatan yang sangat ketat seperti tak ada penonton di dalam pertandingan. Protokol kesehatan ini juga mengadopsi dari berbagai pihak seperti Kemenkes, Satgas Covid-19, FIFA, AFC, hingga Bundesliga Jerman.

Baca Juga: PSSI Beri Isyarat Tak Turunkan Timnas U-19 di SEA Games 2021

Ketua Komisi X DPR RI, Syaiful Huda, memberikan dukungan PSSI agar bisa kembali menjalankan kompetisi. Tidak hanya itu, Komisi X DPR berencana merancang undang-undang terkait suporter.

Jalannya kompetisi sangat berhubungan dengan supporter. Saat ini, rancangan undang-undang akan digodok supaya jadi payung hukum bagi supporter.

"Kami dari Komisi X DPR mendukung penuh adanya kompetisi yang bisa bergulir kembali. Payung hukum mengenai supporter akan dimatangkan Komisi X DPR untuk bisa dikaji, saya meminta dukungan dari semuanya," kata Syaiful Huda dalam rilis yang diterima Suara.com.

"Jalannya kompetisi sangat berhubungan dengan supporter dan itu menjadi perhatian dari Polisi untuk mendapatkan izin. Kami dari Komisi X DPR RI, merasa bahwa eksistensi suporter sangat penting dan dihargai, maka dari itu, kami sedang membuat undang-undangnya. Saya harap ini bisa terwujud dan kompetisi sepak bola Indonesia bisa bergulir kembali," jelasnya.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan memberikan apresiasi khusus atas perhatian yang diberikan oleh Komisi X DPR RI terhadap sepak bola Indonesia, terutama agar bisa kompetisi bergulir kembali.

Baca Juga: Rudy Eka Priyambada: Saya Mencari Pemain-pemain Pejuang

"Saya berterima kasih kepada Komisi X DPR RI yang terus memberikan perhatian dan apresiasinya kepada sepak bola Indonesia, terutama mengenai kompetisi yang akan bergulir dan harus dilaksanakan kembali," ujar Iriawan.

Sebelumnya, PSSI telah memutuskan untuk menghentikan kompetisi 2020 baik itu Liga 1 dan 2. Saat ini, PSSI dan PT LIB sedang fokus untuk menjalankan musim baru 2021.

Kedua belah pihak kini fokus mendapat izin terlebih dahulu sebelum membuat rancangan bagaimana kompetisi akan dijalankan.

Komentar