Bola / liga-spanyol
Syaiful Rachman
Pemain Barcelona Lionel Messi mencoba menerobos pertahanan Real Madrid dalam pertandingan El Clasico di Camp Nou pada 18 Desember 2019. [AFP]

Suara.com - Sergio Ramos mengakui bahwa Lionel Messi telah membuat Real Madrid menderita selama bertahun-tahun, dengan kapten Los Blancos itu berpendapat bahwa ia akan memiliki "lebih banyak gelar" bila pemain Argentina itu tidak berada di Barcelona.

Ramos sendiri memiliki karier yang gemilang selama bertahun-tahun, dengan meraih trofi domestik dan kontinental di level klub dan gelar Piala Dunia dan Piala Eropa saat bermain di tingkat internasional bersama timnas Spanyol.

Ramos telah meraih empat trofi Liga Champions dan lima gelar La Liga, tetapi Messi telah membantu Barca meraih 10 gelar dan sering menjadi penghalang kesuksesan Madrid untuk meraih lebih banyak trofi selama bertahun-tahun.

Bek sekaligus kapten Real Madrid, Sergio Ramos (kanan) melakukan selebrasi dengan rekan-rekannya usai mencetak gol lewat tendangan penalti ke gawang Atalanta dalam pertandingan leg kedua babak 16 besar Liga Champions (Real Madrid vs Atalanta) di Estadio Alfredo Di Stefano, Rabu (17/3/2021) dini hari WIB. [PIERRE-PHILIPPE MARCOU / AFP].

“Kami menderita melawan Messi selama tahun-tahun ini," ujar bek berusia 35 tahun itu dalam serial dokumenternya "The Legend of Sergio Ramos" yang dikutip Goal pada Kamis (8/4/2021).

Baca Juga: Intip 5 Fakta Menarik Jelang Duel Arsenal vs Slavia Praha

“Mungkin bila Barcelona tidak memilikinya, kami akan memenangkan lebih banyak gelar."

“Ada saat ketika kami menghadapi tim Barcelona terbaik dalam sejarah. Kami memiliki pelatih hebat seperti (Jose) Mourinho, tetapi sulit bagi kami untuk mengalahkan mereka."

"Kami tidak menang banyak dan ada banyak ketegangan, baik yang disebabkan oleh mereka atau kami," sambungnya seperti dimuat Antara.

Selain gelar Liga Champions dan La Liga, Ramos juga membantu Real meraih dua gelar Copa del Rey.

Piala Super UEFA telah berhasil dimenangkan Ramos dan Madrid dalam tiga kesempatan, sedangkan Piala Dunia Antarklub FIFA telah diraih sebanyak empat kali.

Baca Juga: Lupakan Liverpool, Arteta: Arsenal Ingin Tampil di Semifinal Liga Europa

Ramos juga mencatatkan rekor penampilan mencapai 180 kali untuk timnas Spanyol, dan sukses meraih Piala Dunia 2010 serta dua Piala Eropa.

Komentar