Bola / bola-dunia
Rully Fauzi
Gestur pelatih Napoli, Luciano Spalletti pada laga Liga Italia kontra Sassuolo di MAPEI Stadium, Reggio Emilia, Kamis (2/12/2021) dini hari WIB. [Alberto PIZZOLI / AFP]

Suara.com - Setelah tampil fenomenal dengan rekor sapu bersih kemenangan sejak awal Liga Italia musim ini, Napoli nampaknya mulai kepayahan menuju pertengahan musim. Menyikapi tren yang cukup negatif ini, pelatih Napoli Luciano Spalletti rupanya santai saja.

Dalam empat pertandingan pamungkasnya di Serie A, Napoli hanya mampu merebut satu kemenangan, sekali kalah, dan dua kali seri.

Teranyar, Napoli hanya mampu bermain imbang 2-2 dengan tuan rumah Sassuolo pada laga pekan ke-15 Liga Italia di MAPEI Stadium, Kamis (2/12/2021) dini hari WIB.

Kini, Napoli yang sempat begitu jemawa di puncak klasemen hanya terpaut satu poin dengan AC Milan yang ada di peringkat kedua, serta hanya unggul dua poin atas Inter Milan yang menghuni posisi ketiga.

Baca Juga: Hujan Kartu Kuning di Laga Bologna vs Roma, Mourinho 'Serang' Wasit

Duo Milan sama-sama memenangi laga pekan ke-15 mereka dini hari tadi.

Menyikapi persaingan di papan atas, Luciano Spalletti menegaskan jika meraih Scudetto alias gelar juara Liga Italia bukanlah ambisi Napoli musim ini.

Pelatih kawakan asli Italia itu menyatakan jika Napoli hanya ingin membuat progres dari pertandingan ke pertandingan, dan tidak terlalu ambisius untuk meraih trofi musim ini.

Hasil imbang di kandang Sassuolo sendiri praktis sangat mengecewakan bagi Napoli. Pasalnya, Partenopei --julukan Napoli-- sempat unggul dua gol di MAPEI Stadium, namun akhirnya harus puas dengan hasil seri setelah kecolongan gol di menit ke-71 dan 89.

Drama sendiri terjadi di masa injury time, dengan Spalletti diusir dari lapangan seusai menerima kartu merah lantaran protes kerasnya.

Baca Juga: Hasil Bola Tadi Malam: Liverpool Perkasa, Napoli Nyaris Terguling

Napoli pun sejatinya nyaris kalah, andai gol Gregoire Defrel untuk Sassulo di penghujung laga tak dianulir VAR.

"Ini laga yang sulit di markas Sassuolo, tapi kami nyaris saja menang. Tentu kami kecewa gagal menang, tapi badai cedera benar-benar mempengaruhi kami," kilah Spalletti seperti dilansir football-italia.

Dua pemain pilar utama Napoli, gelandang Fabian Ruiz dan bek Kalidou Koulibaly memang mengalami cedera dalam pertandingan tersebut dan harus digantikan, dan Spalletti juga mengonfirmasi bahwa keduanya akan melewatkan laga berikutnya kontra Atalanta di liga.

 "Saya diusir wasit pada akhir laga, namun saya mereka kepemimpinannya perlu diragukan pada laga ini. Banyak keputusan yang cukup aneh darinya," celoteh Spalletti.

"Soal persaingan di papan atas, jujur saja bahwa kami tak terlalu melihat klasemen," ucapnya.

"Saya pernah mengatakan dan memang sejak awal saya katakan, dan akan saya katakan lagi, target kami hanyalah dari satu pertandingan ke pertandingan lainnya, membuat progres. Scudetto bukanlah target kami," tegas mantan pelatih AS Roma dan Inter Milan itu.

Komentar