Bola / bola-indonesia
Syaiful Rachman
Syahrian Abimanyu saat berlatih bersama Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2020 (dok. PSSI).

Suara.com - Timnas Indonesia U-23 akan menyongsong Piala AFF U-23 dan sejumlah nama digadang-gadang bakal menjadi andalan pelatih Shin Tae-yong.

Yang menarik adalah pemilihan pemain di pos gelandang. Sebab, sektor ini juga banyak dihuni oleh pemain-pemain dengan kapasitas mumpuni.

Berikut sejumlah nama gelandang yang diprediksi akan menjadi andalan Shin di Piala AFF U-23.

Pemain Timnas Indonesia, Syahrian Abimanyu saat sedang berlatih (dok. PSSI)

Syahrian Abimanyu

Baca Juga: Ricky Kambuaya, Bintang Persebaya dan Timnas Indonesia yang Nyaris Jadi Pemabuk Gara-gara Frustrasi di PSS Sleman

Nama Syahrian sejatinya bukan sosok asing di Timnas U-23. Dirinya sudah malang melintang bermain di skuat Garuda Muda sejak usia dini.

Atribut Syahrian sebagai gelandang juga terbilang komplet. Sebab, akurasi umpan serta sepakan bola matinya terbilang di atas rata-rata pemain lainnya.

Ramai Rumakiek saat berlatih bersama Timnas Indonesia (dok. PSSI)

Ramai Rumakiek

Sejak dipanggil ke pemusatan latihan Timnas Senior, nama Ramai kian terang. Pemain Persipura Jayapura ini menjelma menjadi sosok gelandang tangguh.

Kendati masih muda, Ramai sudah menunjukkan potensinya sebagai calon gelandang masa depan Timnas Indonesia. Itu bisa dilihat dari 2 gol yang sudah ditorehkannya bersama tim senior.

Baca Juga: Lepas Syahrian Abimanyu ke Persija, JDT Datangkan Fernando Martin Forestieri, Eks Pemain Serie A

Pemain timnas Indonesia Rachmat Irianto (kiri) berebut bola dengan pemain Thailand Chanathip Songkrasin pada pertandingan leg kedua final Piala AFF 2020 antara timnas Indonesia vs Thailand di Stadion Nasional Singapura pada 1 Januari 2022.Roslan RAHMAN / AFP.

Rachmat Irianto

Nama Irianto sempat karib dengan posisi bek tengah saat dia masih di Timnas U-19. Namun, seiring berjalannya waktu, Rian, demikian sapaannya, bertransformasi menjadi gelandang.

Tanggung jawab yang diberikan kepadanya dibayar tuntas. Terkini, ia menjadi salah satu gelandang bertahan terbaik yang dimiliki Timnas Indonesia dan Persebaya Surabaya.

Pemain Persib Bandung, Beckham Putra saat sedang berlatih bersama Timnas Indonesia U-23 (dok. PSSI)

Beckham Putra

Jika tak cedera, Beckham mungkin akan dibawa Shin ke Piala AFF 2020. Sebab, sosok gelandang Persib ini menjadi satu dari sekian banyak gelandang yang punya prospek cerah.

Beckham juga sudah menarik perhatian sejak ia menghuni lini tengah Timnas U-19 pada 2019 dan 2020. Kendati berganti estafet kepelatihan dari Fachri Husaini ke Shin Tae-yong, namanya selalu masuk daftar.

Pemain Timnas Indonesia U-16 Marselino Ferdinan melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Timnas Kepulauan Mariana Utara pada Kualifikasi Piala AFC U-16 2020 di Stadion Madya, Jakarta, Rabu (18/9). Timnas Indonesia U-16 menang dengan skor 15-1. [Suara.com/Arya Manggala]

Marselino Ferdinan

Nama pemungkas yang akan menjadi andalan Shin di Piala AFF U-23 bisa saja jatuh pada Marselino. Kendati masih muda, jam terbang pemain Persebaya berusia 17 tahun ini sudah cukup banyak.

Sepanjang musim ini, Marselino sudah bermain 15 kali dari 20 laga Persebaya. Tak sampai di sana, ia juga sudah mengemas 4 gol dan 5 assist.

[Penulis: Kusuma Alan]

Komentar