Bola / bola-indonesia
Syaiful Rachman
Timnas Timor Leste berpose jelang pertandingan kualifikasi Piala Dunia. [AFP]

Suara.com - Timnas Timor Leste diprediksi masih membawa pemain-pemainnya yang tampil pada Piala AFF 2020 lalu saat berjumpa Indonesia pada ajang FIFA Matchday.

Meskipun demikian, sejauh ini timnas Timor Leste belum merilis para pemainnya secara resmi untuk menghadapi timnas Indonesia.

Starting eleven Timnas Indonesia di laga leg kedua final Piala AFF 2020 kontra Thailand. [ANTARA FOTO/Flona Hakim]

Namun, jika berkaca pada Piala AFF 2020 lalu, timnas Timor Leste diperkirakan masih akan menggunakan pemain-pemain muda untuk menghadapi laga FIFA Matchday kali ini.

Para pemain muda mereka sebetulnya tak cukup impresif saat meladeni perlawanan musuh-musuhnya di Grup A Piala AFF 2020.

Baca Juga: Tiga Bintang Australia yang Bakal Jadi Ancaman Timnas Wanita Indonesia di Piala Asia 2022, Salah Satunya Pemain Chelsea

Terbukti, mereka selalu jadi bulan-bulanan tim lawan karena dipaksa menelan empat kekalahan dan tak satu pun menciptakan gol.

Namun demikian, pemain-pemain muda ini tetap saja berpotensi memberikan ancaman kepada timnas Indonesia andai tak diantisipasi dengan baik.

Berikut tiga pemain timnas Timor Leste yang patut diantisipasi oleh timnas Indonesia.

1. Joao Pedro

Salah satu pemain timnas Timor Leste yang paling berpengalaman saat ini ialah Joao Pedro. Sebab, penyerang sayap berusia 23 tahun ini sudah tampil dalam dua edisi Piala AFF yang berbeda.

Baca Juga: Calon Naturalisasi Timnas Indonesia Jadi Pemain Paling Disorot di Eredivisie Belanda

Selain edisi tahun 2020, sebelumnya Joao Pedro juga pernah memperkuat timnas Timor Leste pada Piala AFF 2018.

Sayangnya, tak ada satu pun dari pertandingan tersebut yang sukses diakhiri dengan kemenangan oleh Timor Leste.

Pada edisi 2018 lalu, misalnya, ia sukses mencetak satu gol ke gawang Filipina dan ini menjadi satu-satunya gol yang dia bisa ciptakan sepanjang penampilannya di Piala AFF.

2. Armindo

Pemain yang memiliki nama lengkap Armindo Correira de Almeida ini menjadi salah satu pemain paling senior di skuad timnas Timor Leste untuk Piala AFF 2020.

Pada gelaran Piala AFF 2020 lalu, dia juga selalu tampil penuh untuk mengisi sektor lini tengah Timor Leste.

Dari empat pertandingannya di Grup A, pemain berusia 23 tahun ini dipercaya sebagai kapten dan selalu mencatatkan penampilan selama 90 menit pada setiap laga.

Sementara itu, debutnya di laga internasional tercipta ketika ia bermain melawan Indonesia pada babak penyisihan Grup A Piala AFF 2018.

3. Rufino Gama

Pemain Timor Leste lainnya di sektor lini tengah yang patut diantisipasi timnas Indonesia ialah Rufino Walter Gama.

Gelandang berusia 23 tahun ini juga menjadi salah satu pemain yang senior di skuad timnas Timor Leste pada Piala AFF 2020 meski usianya terhitung muda.

Sejak tahun 2017 silam, Rufino Gama sudah menjadi andalan timnas Timor Leste di berbagai ajang internasional.

Dia juga tampil penuh pada Piala AFF edisi 2018 karena selalu mencatatkan penampilan penuh. Namun, pada Piala AFF 2020, dia hanya tampil dalam tiga laga.

Sejauh ini, Rufino Gama sudah mengoleksi tiga gol untuk timnas Timor Leste. Ini menjadi capaian yang apik untuk pemain di sektor tengah.

[Penulis: Muh Adif Setiawan]

Komentar