Kini mudah dijumpai beragam suplemen makanan yang disebut mengandung multivitamin yang tinggi untuk menunjang asupan nutrisi sehari-hari. Namun sebuah penelitian terkini justru menemukan risiko kanker yang lebih besar pada mereka yang gemar mengonsumsi suplemen makanan.
Dalam sebuah penelitian yang dipresentasikan pada pertemuan tahunan American Association for Cancer Research, Dr Tim Byers dari University of Colorado Cancer Center menemukan bahwa orang yang mengomsumsi terlalu banyak suplemen dari dosis yang disarankan berisiko mengalami berbagai macam jenis kanker.
Kesimpulan ini ditarik dari penelitian sebelumnya yang mengaitkan manfaat suplemen pada hewan di mana Byers dan timnya menemukan suplemen yang mengandung vitamin dan mineral ini tidak berisiko untuk memicu pertumbuhan sel kanker.
Sayangnya ketika tes yang sama diterapkan untuk ribuan pasien selama 10 tahun, Byers menemukan bahwa suplemen tidak bermanfaat bagi kesehatan dibandingkan dengan pil plasebo.
"Beberapa orang benar-benar mendapat kanker saat mengonsumsi banyak suplemen," kata Byers seperti dilansir dari laman Medical Daily.
Dalam uji coba terhadap suplemen beta-keratin didapati bahwa orang yang mengosumsi lebih dari dosis yang dianjurkan, berakhir dengan risiko 20 persen lebih tinggi mengalami kanker paru-paru, serta penyakit jantung.
Uji coba lain terhadap asam folat menemukan bahwa orang-orang yang mengonsumsinya terus menerus berdampak pada timbulnya luka di usus dengan dua titik polip yang tumbuh. Menurut Byers gumpalan kecil yang melapisi usus ini kadang bisa berkembang menjadi kanker. Ia menilai ini akibat konsumsi vitamin yang berlebihan sehingga timbul efek yang tak diinginkan.
Mendapatkan terlalu banyak kalsium, misalnya, dapat memicu timbulnya batu ginjal, gagal ginjal, dan hiperkalsemia yakni terlalu banyak kalsium dalam darah. Terlalu banyak vitamin C juga diketahui menghambat kemampuan tubuh untuk menyerap tembaga. Dan terlalu banyak vitamin A, D, dan K, dapat meracuni tubuh.
Ahli gizi menyarankan masyarakat untuk mengonsumsi suplemen hanya sebagai penunjang diet sehat. Suplemen, bukanlah pengganti asupan nutrisi. Nutrisi haruslah dipasok melalui sayuran, buah-buahan dan biji-bijian.
"Jika dikonsumsi dalam dosis tepat, multivitamin bagus untuk tubuh. Tetapi tidak ada pengganti yang baik untuk makanan bergizi," kata Byers. (Medical Daily)
Tag
Berita Terkait
-
Viral Reizuka Ari Minum Suplemen 'Segambreng' Sekaligus, Apoteker Wanti-wanti Bahayanya
-
Lebih Banyak Belum Tentu Lebih Baik: Fakta Mengejutkan di Balik Kebiasaan Konsumsi Suplemen Anda
-
Waspada Penurunan Kognitif! Kenali Neumentix, 'Nootropik Alami' yang Dukung Memori Anda
-
5 Vitamin untuk Perempuan Jelang Menopause, Cocok Diminum sejak Usia 40-an
-
5 Rekomendasi Suplemen Anti Aging untuk Cegah Keriput dan Penuaan Dini
Terpopuler
- 4 HP realme dengan Chipset Snapdragon dan RAM 8 GB Termurah Juni 2026
- HP Rp1,5 Jutaan yang Bagus Merek Apa? Ini 5 Rekomendasi Terbaik David GadgetIn
- 5 Kulkas 1 Pintu Anti Bunga Es dan Hemat Listrik, Harga Mulai Rp1 Jutaan
- Tok! Panja DPR Sepakati RUU Polri: Usia Pensiun Bintara 59 Tahun, Perwira 60 Tahun
- Resmi! Chatib Basri Dapat Jabatan Baru Hari Ini
Pilihan
-
Anaknya Terlibat di Program MBG, Wamenaker Afriansyah Noor Beri Penjelasan Usai Namanya Terseret
-
Namanya Terseret Isu Dugaan Korupsi BGN, Yahya Golkar: Semua Anggota Komisi IX DPR Tak Terlibat!
-
Perhatian! Harga Pertamax Naik Jadi Rp 16.250/Liter
-
Susunan Pemain Timnas Indonesia vs Mozambik di FIFA Matchday Malam Ini
-
Menkes Budi Gunadi Sadikin Susul Chatib Basri dan Luhut ke Istana
Terkini
-
Quinn Salman Selalu Sempatkan Waktu Bermain Bersama Keluarga, Ternyata Manfaatnya Bagus Banget?
-
Mobilitas Tinggi Bikin Kulit Lebih Rentan Terpapar Kuman, Kapan Perlu Antiseptik?
-
Ancaman Tak Terlihat bagi Lingkungan Perairan: Residu Antidepresan Meningkat di Sungai
-
Layanan Ortopedi Dalam Negeri Kian Dekat dengan Standar Internasional
-
Pengembangan Vaksin Dalam Negeri Kian Maju, Perlindungan terhadap HPV Jadi Fokus
-
Mikroplastik Ada di Makanan, Minuman, hingga Udara: Seberapa Besar Risikonya bagi Kesehatan?
-
Memilih Susu Anak Tak Cukup Lihat Kandungan DHA, Orang Tua Perlu Cermati Komposisi Utamanya
-
Pencernaan Sehat Jadi Kunci Anak Aktif, Lahap Makan, dan Tidur Nyenyak
-
Stop Anggap Lemak Itu Jahat! Ini Alasan Mengapa Anak Justru Wajib Mengonsumsinya
-
Etawanesia dan Etawalin: Rekomendasi Susu Kambing Etawa Unggulan, Paling Diminati 2 Tahun Terakhir