Health / konsultasi
M. Reza Sulaiman
Ilustrasi Lockdown. (Shutterstock)

Suara.com - Penyebaran COVID-19 yang masif di kota Xian membuatnya menjadi episentrum terbaru virus Corona di China.

Mengutip ANTARA, Xian melaporkan 155 penularan lokal COVID-19 pada Kamis (30/12/2021). Jumlah total kasus COVID-19 di kota itu menjadi 1.100 kasus sejak wabah dimulai pada 9 Desember, yang mengharuskan otoritas China memberlakukan lockdown untuk 13 juta penduduk Xian.

Xian telah memulai beberapa kali pengujian di seluruh kota untuk melacak penularan. Pengujian keenam dimulai pada Kamis, sehari setelah putaran kelima.

"Xian telah mencapai tahap hidup atau mati dalam perjuangannya melawan virus," kata Zhang Fenghu, seorang pejabat pemerintah kota, dalam konferensi pers pada Rabu (29/12).

Baca Juga: Wisatawan Domestik Serbu Bali Habiskan Libur Akhir Tahun

Ilustrasi pandemi Covid-19. (Pixabay)

Meskipun jumlah kasus yang rendah di Xian dibandingkan dengan banyak klaster di luar negeri, para pejabat telah memberlakukan pembatasan ketat pada perjalanan di dalam dan luar kota sejak 23 Desember, karena Beijing menuntut setiap wabah segera diatasi.

Banyak penduduk dilarang meninggalkan kompleks perumahan mereka kecuali mereka akan keluar untuk melakukan tes COVID-19 atau menghadiri hal-hal penting yang disetujui oleh otoritas setempat.

Pembatasan ini telah mengurangi akses ke kebutuhan sehari-hari, dengan banyak warga tidak bisa pergi berbelanja dan bergantung pada jasa pengiriman.

Lockdown juga menyebabkan krisis staf di perusahaan yang terlibat dalam memastikan pasokan kebutuhan sehari-hari dan pemerintah sedang berupaya menyelesaikan masalah tersebut, menurut seorang pejabat pemerintah Xian pada Rabu, yang tidak merinci jenis perusahaan atau pekerja.

Wilayah barat daya Guangxi juga melaporkan satu kasus gejala lokal pada 29 Desember, kata Komisi Kesehatan Nasional.

Baca Juga: WHO: Dua Obat Antivirus Lebih Efektif Lawan Virus Corona Covid-19

Pada Rabu, China daratan mencatat 101.890 kasus virus corona, termasuk yang ditularkan secara lokal dan orang-orang yang datang dari luar negeri.

Komentar