Suara.com - Kebiasaan minum teh setiap hari dapat membantu Anda hidup lebih lama dan sehat, terutama jika meminumnya hingga dua cangkir atau lebih.
Keuntungan tersebut terbukti dalam sebuah penelitian yang terbit pada Senin (29/8/2022) di Annals of Internal Medicine.
Dalam penelitian ini, ilmuwan dari National Institutes of Health menganalisis lebih dari 500.000 data penduduk Inggris, yang berusia 40 hingga 60 tahun.
Mereka membandingkan kebaisaan minum teh dengan tingkat kematian akibat penyakit.
Ilmuwan menemukan bahwa peserta yang minum minimal dua cangkir teh hitam per hari risiko meninggal 9 hingga 13 persen lebih lebih selama sekitar 11 tahun masa tindak lanjut, dibanding peserta lain yang tidak minum teh.
Banyak minum teh juga dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung atau stroke, lapor Insider.
Manfaatnya berlaku bahwa untuk peminum teh yang menambahkan susu, gula, atau keduanya, ke dalam minuman harian mereka.
Ilmuwan juga menemukan bahwa suhu teh tempaknya tidak menjadi masalah, bertentangan dengan kekhawatiran sebelumnya tentang minuman sangat panas berkaitan dengan beberapa jenis kanker.
Penelitian sebelumnya yang menghubungkan teh dengan manfaat kesehatan telah difokuskan pada teh hijau, tetapi teh hitam adalah minuman yang lebih umum dikonsumsi.
Baca Juga: Tak Banyak yang Tahu, Minum Teh Setiap Hari Turunkan Risiko Kematian dan Penyakit Kronis
Mereka menduga itu disebabkan oleh kandungan polifenol dan flavonoid pada teh, yang dapat membantu menurunkan peradangan.
Jenis polifenol tertentu, yang disebut katekin, memang memiliki efek antioksidan sehingga dapat mengurangi stres pada sel dan membantu mengurangi risiko penyakit.
Berita Terkait
Terpopuler
- Mengapa Pertalite Mau Dihapus?
- Tak Ikut Aksi Bareng Mahasiswa di Bundaran HI Hari Ini, Said Iqbal Ungkap Alasan Buruh
- Kaki Masih Pegal Setelah Lari? Ini 5 Sepatu Recovery Run Lokal dengan Review Terbaik
- Apa Itu Sepatu Hybrid? Ini 5 Rekomendasi Buatan Lokal Terbaik dan Serbaguna
- Neymar Dipastikan Absen di Piala Dunia 2026, Kesalahan Pertama Ancelotti
Pilihan
-
Aliansi Rakyat Memanggil Kritik Sederet Program Pemerintah, Tuntut Prabowo-Gibran Lengser
-
Hasil Piala Dunia 2026: Hajar Paraguay, Start Sempurna Amerika Serikat
-
Neymar Dipastikan Absen di Piala Dunia 2026, Kesalahan Pertama Ancelotti
-
Thamrin Lumpuh Total, Massa Aksi Mengular hingga Dukuh Atas Hingga Jumat Malam
-
Ngotot Mau Demo di Bundaran HI Meski Dihadang Aparat, Mahasiswa: Istana dan DPR Tak Mendengar Kami!
Terkini
-
Rekomendasi Dokter Richard, Ini Solusi Praktis Redakan Wasir dengan Cara Alami
-
Kolesterol Tinggi Sering Tanpa Gejala, Dokter Ingatkan Pentingnya Deteksi Dini sejak Usia 20 Tahun
-
Dokter Bantah Mitos Obat Kolesterol dan Diabetes Rusak Ginjal, Ini Penjelasannya
-
Anak Sering Ruam atau Diare Setelah Minum Susu? Bisa Jadi Tanda Alergi Susu Sapi
-
Metoo Hadirkan Senyum di Tengah Mobilitas Jakarta lewat Aktivasi Interaktif di CSW
-
Dorong Pola Makan Seimbang, Konsumsi Buah dan Sayur Masih Jadi Tantangan di Indonesia
-
Saat Lambung Mulai Sensitif, Ini Pilihan Makanan yang Lebih Ramah di Perut
-
Quinn Salman Selalu Sempatkan Waktu Bermain Bersama Keluarga, Ternyata Manfaatnya Bagus Banget?
-
Mobilitas Tinggi Bikin Kulit Lebih Rentan Terpapar Kuman, Kapan Perlu Antiseptik?
-
Ancaman Tak Terlihat bagi Lingkungan Perairan: Residu Antidepresan Meningkat di Sungai