News / sport
Rizki Nurmansyah
Nicky Hayden dan Marc Marquez [Instagram@marcmarquez93]

Suara.com - Marc Marquez dedikasikan kemenangan di MotoGP Jerman, Minggu (2/7/2017), untuk mendiang Nicky Hayden. Sejak kabar kematian Hayden, Marquez memang sudah berikrar untuk mempersembahkan kemenangan bagi sahabatnya itu.

Seperti diketahui, Hayden meninggal dunia pada pada 22 Mei 2017 lalu akibat ditabrak mobil saat sedang latihan dengan sepeda di Rimini, Italia, lima hari sebelumnya.

Pemakaman juara dunia MotoGP 2006 itu dilakukan pada 29 Mei 2017 di kampung halamannya di St Stephen Catedral, Owensboro, Amerika Serikat.

"Saya telah berjanji pada diri saya setelah kejadian Hayden, kemenangan pertama saya akan saya persembahkan untuknya dan juga keluarganya. Jadi, kemenangan (di Jerman) ini untuk mereka," kata Marquez, dikutip dari situs resmi MotoGP, Senin (3/7/2017).

Baca Juga: Bersepeda Sumsel-Tangerang, 2 Bocah Ini Dapat Jaminan Pendidikan

Marquez sendiri mengaku sangat lega bisa memenangkan balapan MotoGP Jerman di Sirkuit Sachsenring.

Pasalnya, pebalap Repsol Honda ini mendapat persaingan ketat dari rider tim satelit Yamaha yang juga pebalap tuan rumah, Jonas Folger (Monster Yamaha Tech 3).

Bahkan, Folger sempat memimpin balapan selama beberapa lap sebelum akhirnya bisa kembali disalip Marquez.

Dan, Marquez yang dikenal sebagai 'Raja Sachsenring' akhirnya melintasi garis finis pertama, unggul 3,310 detik di depan Folger.

"Sejujurnya, ini balapan yang sangat sulit. Saya sadar sebelumnya, jika saya harus melesat di sirkuit ini dan targetnya meraih 25 poin," ujar pebalap berusia 24 tahun.

Baca Juga: Jerman Dominasi Penghargaan Piala Konfederasi 2017

"Sebelum lomba dimulai, segalanya berada dalam kontrol dan saya memilih ban yang tepat, dan saya pikir rekan setim saya (Dani Pedrosa--red) bakal jadi rival utama."