Mantan Menteri ESDM Sudirman Said. (Suara.com/Ria Rizki)

Suara.com - Mantan Menteri ESDM Sudirman Said mendatangi Kantor Wakil Presiden Jusuf Kalla di Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (21/8/2019). Pertemuan antara Sudirman dengan Wapres JK berlangsung tertutup untuk awak media.

Sudirman mengaku tidak ada pembahasan khusus dalam pertemuan tersebut. Mereka hanya silahturahmi sambil membahas soal energi terbarukan atau renewable energy.

"Silaturahmi saja tadi, enggak ada sesuatu yang istimewa. Tadi itu kita bicara soal renewable energy," kata Sudirman seusai pertemuan.

Sudirman menuturkan, tren dunia saat ini mengedepankan pengelolaan sumber daya alam yang ramah lingkungan.

Setelah melakukan diskusi bersama JK, Sudirman berharap perbincangannya tersebut bisa dipraktikan oleh kementerian ESDM ataupun PLN.

"Kita berharap ke depan itu baik PLN maupun Kementerian ESDM juga kembali pada fokus untuk pembangunan reneweble energy, itu concern semua oranglah, beliau punya perhatian itu," ucapnya.

Lebih lanjut, Sudirman tidak menutupi adanya kesempatan untuk berkolaborasi dengan JK setelah tugasnya sebagai Wapres selesai pada Oktober 2019.

Sudirman mengaku siap apabila diminta bantuan oleh JK dalam dunia energi ataupun sosial.

"Beliau akan fokus pada kemanusiaan kan ya, bisa saja saya bantuin beliau, saya kan sejak tahun 2004 urusan kemanusiaan, urusan di Paramadina juga bantu juga," ujarnya.

"Jadi banyak sekali kegiatan sosial yang kita bisa, nanti kita lihat, kalau diminta bantu, saya akan bantu," Sudirman menambahkan.