Reza Gunadha | Rifan Aditya
Senin, 02 Desember 2019 | 18:12 WIB
Jerry Sambuaga, Nadiem Makarim dan Najwa Shihab di Mata Najwa (Screenshot Youtube Najwa Shihab)

Suara.com - Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga memberikan saran kepada Menteri Pendidikan (Mendikbud) Nadiem Makarim terkait jabatan politiknya sebagai menteri.

Saran itu disampaikannya saat hadir dalam acara Mata Najwa on Stage bertajuk "Muda Berkuasa" yang tayang pada Minggu (1/12/2019). Acara ini digelar di Semarang, Jawa Tengah.

Jerry Sambuaga diundang sebagai narasumber dalam acara tersebut karena di usia 34 tahun dia telah menempati posisi wakil menteri. Bahkan Jerry memiliki riwayat pendidikan dan karir politik yang mumpuni.

Pria kelahiran 2 Juli 1985 ini pernah menjabat sebagai anggota Komisi I DPR RI. Dia juga aktif sebagai dosen ilmu politik.

Ditempatkan satu panggung bersama Mendikbud yang juga berusia muda, Jerry Sambuaga diminta memberikan saran kepada Nadiem.

Pembawa acara Najwa Shihab meminta, "Saya mau mas Jerry kasih saran sebagai orang yang sejak umur 18 tahun sudah ikut-ikut politik, tolong kasih saran Mas Bro ini menteri (Nadiem)".

Jerry kemudian menjelaskan, "menteri atau wakil menteri adalah jabatan politik, artinya kita bersinggungan juga tidak secara teknis, kebijakan atau mungkin manajemen tapi juga hal yang sifatnya politik karena bersinggungan langsung dengan masyarakat. Pak Menteri dan kita bersinggungan dengan masyarakat".

Ia kemudian memberikan contoh ketika rapat dengan DPR. Jerry melanjutkan penjelasannya, "Misalnya contoh kecil, kita rapat dengan DPR, karena DPR mengawasi kita, mungkin komunikasi-komunikasi politik yang dibangun bisa.."

Najwa kemudian memotong perkataan Jerry, "DPR suka aneh-aneh ya?"

Jerry menjawab, "waktu saya di DPR enggak sih".

Ia menambahkan, "Artinya dinamika-dinamika itu wajar. Mungkin ini yang kita biasakan dalam komunikasi politik dengan teman-teman, baik itu di eksekutif-legislatif mungkin bisa diintensifkan".

Najwa kemudian menanggapi, "Itu bahasa politis. Saya terjemahkan ya Mas Menteri. Hati-hati sama DPR".

Penonton tertawa menyambut perkataan Najwa Shihab itu.

Selain Jerry Sambuaga dan Nadiem Makarim, acara ini juga dihadiri Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen dan anggota DPR RI 2019-2024 Slamet Ariyadi.

Read more...