News / nasional
Dwi Bowo Raharjo
Puluhan warga Talamau Kabupaten Pasaman Barat diduga keracunan setelah mengkonsumsi ikan tongkol dan mendapat perawatan di Puskesmas Talu, Rabu (11/3) malam. (ANTARA/Altas Maulana)

Suara.com - Puskesmas Talu Rose mencatat lebih dari 50 orang warga Kecamatan Talamau Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar), diduga keracunan akibat makan ikan tongkol pada Rabu (11/3/2020) malam.

"Pasien yang berobat ke Puskesmas ada sekitar 35 orang. Tiga di antaranya dipasang infus dan dirawat. Sedangkan warga lain ada yang berobat ke bidan dan tempat lain. Kemungkinan lebih dari 50 orang keracunan," kata salah seorang perawat Puskesmas Talu Rose, Rabu malam.

Ia mengatakan hingga Kamis (12/3) sekitar pukul 01.30 WIB sejumlah pasien masih mendapatkan perawatan di Puskesmas. Namun ada sebagian yang sudah pulang karena keluhan berkurang setelah diberi obat.

"Pada umumnya pasien mengalami mual, pusing dan muntah. Bagi pasien yang sudah pulang diwajibkan kontrol pada Kamis pagi," katanya.

Baca Juga: Satu Keluarga Tewas Keracunan Makan Ikan Buntal di Banyuwangi

Berdasarkan keterangan dari beberapa warga yang mengalami gejala keracuanan, ikan tongkol yang dibeli masyarakat diduga berasal dari Sibolga Sumatera Utara saat pasar Talu Rabu (11/3).

Ilustrasi resep Pesmol Ikan Tongkol. (Shutterstock)

"Hari Rabu adalah hari pasar di Talamau dan ada juga warga membeli ikan itu di pasar Tinggam Talu," katanya.

Para korban merasakan mual dan sakit perut. Bahkan ada korban yang mengalami pusing dan lemas. Sehingga mereka beramai-ramai berobat ke Puskesmas Talu.

Pihak Puskesmas merencanakan pada Kamis (12/3) pagi sampel ikan akan dibawa ke laboratorium untuk diperiksa.

Baca Juga: Keracunan Makan Ikan Buntal, Satu Keluarga Meninggal

Komentar

terkini