News / nasional
Pebriansyah Ariefana
Ridwan Kamil dan Anies Baswedan [Gopos.id]

Suara.com - Anies bisa menang Pemilihan Presiden 2024 atau Pilpres 2024 jika calon pasangan wakil presidennya Ridwan Kamil atua Sandiaga Uno. Itu berdasarkan survei dari Indo Survei.

Ridwan Kamil kini jadi Gubernur Jawa Barat dan Sandiaga Uno Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Nama Ridwan Kamil dan Sandiaga Uno sendiri beberapa kali muncul dalam hasil survei sejumlah lembaga survei sebagai kandidat cawapres paling kuat.

Dalam survei Indikator pada Desember 2021, Ridwan Kamil berada di urutan kedua dengan perolehan 15,3 persen di bawah Sandiaga Uno yang meraih 25 persen.

Baca Juga: Ridwan Kamil Bisa Jadi Kunci bagi Anies Baswedan untuk Menangkan Pilpres 2024

Angka itu didapatkan dari pertanyaan siapa wapres yang akan dipilih responden jika pilpres diadakan saat survei dilakukan.

Sejumlah pengamat juga menilai posisi Ridwan Kamil yang cukup unggul di Jawa Barat menjadi modal besar jika digandeng menjadi cawapres, mengingat Jawa Barat memiliki jumlah pemilih terbesar di Indonesia.

Terlebih, di Jawa Barat, tingkat kesukaan pada Ridwan Kamil dominan hingga 91 persen, tambahnya.

Dalam "Hasil Survei Nasional Pemilu 2024: Potensi Dua Putaran, Periode Survei 11-17 April 2022" tersebut, Indo Survei menggunakan metodologi multistage random sampling dengan data sampel dari Badan Pusat Statistik (BPS) Tahun 2021 dan jumlah sampel sebesar 1.100, dengan data valid sebanyak 1.096.

Margin of error survei sebesar 2,96 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Baca Juga: Bangun Ekonomi Lewat UMKM, Sandiaga Uno Dapat Dukungan dari Ratusan Emak-emak di Kalteng

"Indo Survei sendiri menemukan, dalam simulasi yang ditawarkan terhadap 1096 responden tersebut, Anies Baswedan akan memenangi Pilpres jika berpasangan dengan dua kandidat cawapres paling kuat, yakni Pak RK atau Ridwan Kamil dan Sandiaga Uno," kata Peneliti Indo Riset Roki Arbi, dalam keterangan yang diterima di Bandung, Jumat.

Komentar

terkini