Angga Roni Priambodo
Selasa, 02 Juli 2019 | 18:55 WIB
Ilustrasi rem motor. [Shutterstock]

Suara.com - Sistem pengereman adalah salah satu aspek paling penting bila tidak terpenting dalam keselamatan berkendara bagi kendaraan bermotor.  Dengan besarnya peran rem untuk keselamatan, baik rem cakram atau rem tromol harus dirawat dengan baik. 

Karena hampir semua motor kini memakai sistem rem cakram, Suara.com memberikan tips mudah dalam merawat rem cakram di sepeda motor kesayangan, seperti dilansir dari Nusantara Sakti Group, Selasa (2/7/2019).

1. Ganti Minyak Rem Secara Berkala.

Fungsi minyak rem adalah untuk menggerakan piston yang ada pada master rem. Master rem ini berfungsi menggerakan kaliper yang akan mengjepit piringan cakram. Mengganti minyak rem bertujuan untuk menjaga kinerja piston agar tetap dalam kondisi yang optimal.

2. Bersihkan Kaliper.

Membersihkan kaliper bisa dilakukan sendiri lho. Caranya cukup mudah, namun harus dikerjakan dengan hati-hati.

Pertama, lepas kaliper rem dari shockbreaker, lalu lepas bantalan rem dan bersihkan bantalan rem menggunakan sikat kawat atau amplas. Jika ada bagian yang sulit dijangkau, bisa menggunakan kompresor.

3. Perhatikan Pemasangan dan Kondisi Kaliper.

Kaliper pada rem cakram memang jarang rusak. Namun ada baiknya Anda juga perhatikan apakah ada sesuatu yang dirasa aneh, semisal kaliper yang goyah.

Kondisi kaliper yang goyah menyebabkan getaran yang akan mengikis kaliper lebih cepat, dan bisa memengaruhi piringan cakram jug.

Ikuti 3 langkah merawat rem cakram di atas, agar kondisi motor kamu selalu optimal.

Mobimoto.com/Praba Mustika.

Komentar