Angga Roni Priambodo | Praba Mustika
Selasa, 02 Juli 2019 | 17:54 WIB
Ilustrasi Rem di Mobil Formula 1. (YouTube/Mercedes-AMG Petronas Motorsport)

Suara.com - Mobil yang digunakan di ajang Formula 1 tentu punya cara kerja yang berbeda dari mobil biasa. Sebut saja sistem pengeremannya yang ternyata canggih abis, penasaran?

Lewat saluran YouTube resminya, tim Mercedes-AMG Petronas Motorsport membagikan video yang menjelaskan bagaimana cara kerja sistem pengereman di mobil Formula 1.

Pada video berdurasi enam menit itu, Mike Elliot selaku Direktur Teknologi di tim Mercedes-AMG Petronas Motorsport menjelaskan secara detail.

Di awal video, ia menjelaskan kalau sistem pengereman di mobil F1 tidak bekerja sendiri, tapi berkesinambungan dengan komponen lain.

"Jadi ketika pembalap menginjak pedal rem, akan mengaktifkkan dua master silinder rem sekaligus. Silinder pertama akan mengaktifkan rem depan dan silinder kedua akan mengaktifkan rem belakang," katanya.

Ia menambahkan "Dan tekanan dari kedua silinder itu akan mengirim tenaga ke kaliper, ke piringan cakram itu sendiri, yang akan melambatkan laju mobil,"

Tak sampai di situ, Mike Elliot juga menjelaskan tentang Energy Recovery Systems yang lebih rumit lagi.

"Di bagian belakang ada yang dinamakan Energy Recovery Systems. Fungsinya untuk memberikan keseimbangan pengereman," jelasnya.

Sumber Video: YouTube/Mercedes-AMG Petronas Motorsport

Dalam merancang sistem pengereman di mobil Formula 1, tentu tidak bisa disamakan dengan sistem pengereman di mobil produksi massal.

Komentar