Otomotif / mobil
RR Ukirsari Manggalani
Fasilitas pengisian baterai mobil milik Tesla. Sebagai ilustrasi kesiapan Tesla di pasar Eropa (Shutterstock).

Suara.com - Bagaimana strategi untuk bisa "bermain" cantik di pentas otomotif global? Bagi Elon Musk, harga yang menarik dan kelengkapan desain bisa menjadi ujung tombak untuk meraih pasar. Itu sebabnya, Tesla Incorporation tengah menyiapkan Tesla 3 hatchback untuk menandingi Volkswagen ID.3.

Dikutip dari Autocar, Elon Musk, Chief Executive Officer (CEO) Tesla Incorporation menyebutkan pihaknya siap melahirkan produk hatchback compact untuk Tesla Model 3 dengan harga lebih terjangkau. Adapun tujuan penjualannya adalah pasar Eropa, dan diproduksi di pabrik baru Tesla yang berada di dekat Berlin, Jerman.

Dalam sebuah konferensi dengan investor dan analis baru-baru ini, Elon Musk menekankan, "Tesla tidak akan berhasil dalam misinya, jika tidak membuat mobil dengan harga terjangkau. Hal yang paling mengganggu saya tentang posisi kami yang ngetop di pasar saat ini adalah harga produk yang tinggi. Kami perlu memperbaikinya."

Dari pemaparannya itulah, Tesla akan bersiap dengan produk yang kompetitif. Hatchback disebutkan sebagai salah satu alternatif, mengingat kebutuhan konsumen untuk kategori ini cukup tinggi. Dan tentu saja keunggulan energi alternatif alias mobil murni listrik.

Baca Juga: Peduli Penumpang Anak, Tesla Ajukan Izin Kepada Komisi Komunikasi Federal

Mobil listrik murni Volkswagen ID.3 yang menggunakan ban buatan Bridgestone [Volkswagen via ANTARA].

Kedua alasan itu menjadikan Tesla Model 3 hatchback akan bersaing dengan Volkswagen ID 3 dan Peugeot e-208 versi baru.

Sebagai catatan, pabrik Tesla yang berlokasi di Jerman akan mulai beroperasi pada Juli 2020. Elon Musk menyebut tepat produksi ini sebagai langkah revolusi dalam rekayasa body otomotif.

Teknologi yang diterapkan terbilang mutakhir, bahkan pertama dalam industri produksi massal. Tesla mengajukan paten desain tahun lalu untuk mesin pengecoran aluminium raksasa. Proses perakitan rangka unibody yang biasanya dilakukan dengan melipat, mengelas, dan merekatkan beberapa panel dan bagiannya, kini bisa diproses sekali dalam waktu singkat.

Dan memang, Elon Musk tidak mengungkapkan secara spesifik produk hatchback Tesla untuk pasar Eropa akan berkompetisi dengan produk mana saja. Namun ia menegaskan, "Rasanya masuk akal untuk berasumsi bahwa kami akan membuat kendaraan compact beberapa jenis dan mungkin kendaraan berkapasitas lebih banyak juga beberapa jenis lagi."

Baca Juga: Cuaca Panas Ekstrem, Pemilik Mobil Listrik Tesla Dilarang Isi Baterai

Komentar

terkini