Otomotif / motor
Cesar Uji Tawakal
Ilustrasi mekanik sepeda motor. (Pexels/Artem Beliaikin)

Suara.com - Frasa adu mekanik sepertinya sekarang sudah bukan hal yang aneh didengar. Tapi sebenarnya apakah pekerjaan di dunia otomotif ini memiliki prospek yang menjanjikan? Di artikel singkat ini mari coba petakan gaji mekanik sepeda motor di Indonesia.

Sebelumnya perlu diketahui, bahwa angka yang tertera pada artikel ini sifatnya hanya perkiraan saja. Gaji mekanik sepeda motor di Indonesia bisa lebih tinggi atau lebih rendah, tergantung dimana seorang mekanik bekerja dan status kepegawaiannya.

Gaji Mekanik Sepeda Motor di Indonesia

Ilustrasi mekanik bengkel motor. (pixabay.com)

Dilansir situs gajimu.com, kisaran gaji mekanik sepeda motor di Indonesia adalah di angka Rp2.100.000-an hingga Rp5.200.000-an di tahun 2022 ini. Angka ini didapatkan dari survey yang dilakukan, dari berbagai daerah di Indonesia.

Baca Juga: Spesifikasi Wuling Cortez CT, Mobil Keluarga dengan Sokongan Mesin Turbo

Besaran gaji tersebut bisa didapatkan di bulan pertama bekerja, tergantung dimana seorang mekanik bekerja dan status kepegawaian yang dimilikinya. Tentu, angka ini lepas dari komisi atau uang di luar gaji yang mungkin diterima dari pelanggan sebagai tip atas layanan yang diberikan.

Untuk rata-rata mekanik sepeda motor yang sudah bekerja 5 tahun, maka pendapatannya antara Rp2.400.000-an sampai Rp5.400.000-an setiap bulan, untuk satu minggu bekerja selama 40 jam kerja. Sekali lagi, ini tergantung dari berbagai variabel.

Disampaikan pada situs indeed.com, rata-rata perolehan gaji mekanik sepeda motor di Indonesia berada di angka Rp3.000.000-an, dengan Bekasi menempati posisi tertinggi rata-rata gaji untuk profesi tersebut.

Potensi Karier Mekanik dan Pendapatan

Jika berbicara potensi karir dan pendapatan, sebenarnya bisa dikatakan sangat subjektif. Tergantung dengan relasi yang dimiliki, serta keterampilan. Angka di atas tentu tak memberikan batasan pada angka tertinggi gaji yang bisa didapatkan, dan tempat bekerja seorang mekanik.

Baca Juga: Viral Pria Ini Gunakan Baterai untuk Gantikan Aki Motor, Bikin Publik Bertanya-tanya, Aman Nggak Tuh?

Pada bengkel motor besar misalnya, gaji yang diterima tentu akan lebih besar. Terlebih ketika sudah masuk tim balap resmi, yang memiliki sponsor dan jadwal balapan tetap, mungkin saja gaji yang diterima akan lebih besar daripada yang ditulis di atas tadi.

Komentar

terkini