Sport / raket
Reky Kalumata | Arief Apriadi
Ekspresi Tontowi Ahmad usai memastikan keberhasilannya bersama Lililyana Natsir meraih gelar ganda campuran Hong Kong Open 2016 melawan kompatriotnya, Praveen Jordan/Debby Susanto, Minggu (27/11/2016). [AFP/Jayne Russell]

Suara.com - Tontowi Ahmad bakal mendapatkan penghormatan khusus dari PB Djarum setelah resmi pensiun. Klub asal Kudus itu akan memasuki nama Tontowi ke dalam jajaran Hall of Fame.

Tontowi resmi gantung raket pada Senin (18/5/2020). Eks partner Liliyana Natsir itu pertama kali mengumumkan kabar tersebut lewat Instagram pribadinya @tontowiahmad_.

Ketua PB Djarum Yoppy Rosimin menyebut Tontowi yang telah bergabung dengan klub sejak 2005, adalah salah satu atlet kebanggaan mereka.

Program Director Bakti Olahraga Djarum Foundation Yoppy Rosimin. [Dok. PB Djarum]

Nama pria 32 tahun itu disebut pantas disandingkan dengan para legenda seperti Liem Swie King, Ivana Lie, Hariyanto Arbi, hingga Liliyana Natsir.

Baca Juga: Agenda Ditunda, Promotor MotoGP Prancis Inginkan Balap di Bulan Oktober

"Tontowi Ahmad adalah atlet PB Djarum yg berhak masuk Hall of Fame PB Djarum setelah beliau resmi pensiun sebagai atlit," kata Yoppy Rosimin saat dihubungi wartawan, Selasa (19/5/2020).

Selain mendapat kehormatan, Tontowi juga disebut Yoppy sudah ditawarkan untuk berkontribusi memajukan bulutangkis lewat PB Djarum.

PB Djarum dikatakan Yoppy sudah punya rencana untuk merekrut Tontotwi ke dalam tim pencari bakat. Dia akan bergabung bersama eks partnernya, Liliyana Natsir.

"Planning PB Djarum setelah Tontowi Ahmad pensiun adalah mengajak diskusi perihal rencana ke depan. Masih banyak pilihan sesuai dengan passion beliau," tandas Yoppy.

Pebulutangkis Indonesia Tontowi Ahmad (kiri) bersama partnernya di ganda campuran, Liliyana Natsir, merayakan keberhasilan meraih medali emas Olimpiade 2016 Rio de Janeiro, Brasil, Rabu (17/8/2016). [AFP/Goh Chai Hin]

Tontowi Ahmad pensiun setelah lebih dari satu tahun berpisah dengan Liliyana, partner terbaiknya selama berkiprah di sektor ganda campuran.

Baca Juga: Terungkap! Sebelum ke Olimpiade 2016, Tontowi / Liliyana Sempat Bersitegang

Liliyana telah lebih dulu gantung raket pada Januari 2019. Terakhir kali Tontowi Ahmad berduet dengan Liliyana pada final Indonesia Masters 2019 di Istora Senayan, Jakarta.

Komentar