Sport / arena
Dany Garjito
Ilustrasi aktivitas berenang. (Shutterstock)

Suara.com - Gaya punggung merupakan salah satu gaya renang yang banyak dipelajari. Tak seperti gaya berenang lain, renang gaya punggung dilakukan dengan posisi tubuh terlentang dan tidak membutuhkan terlalu banyak teknik pernapasan.

Renang gaya punggung juga merupakan jenis olahraga low impact yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh dan mental. Namun berenang tak bisa dilakukan sembarangan. Ini teknik gaya punggung yang harus dikuasai jika ingin lancar melakukan renang gaya punggung atau dikenal dengan backstroke.

  • Posisi tubuh yang benar
    Posisi tubuh yang benar saat melakukan gaya punggung adalah lurus terlentang. Walaupun terlihat seperti sedang bersantai di permukaan air, menjaga posisi tubuh tetap lurus selama berenang gaya punggung penting untuk menjaga ritme saat melakukan gerakan. Di samping itu yang perlu diperhatikan adalah bagian pinggul yang harus diturunkan 2 cm untuk menjaga gerakan kaki di bawah air. Penurunan pinggul tidak boleh berlebihan karena justru akan menghambat gerakan.
  • Gerakan lengan
    Sementara itu, gerakan lengan pada renang gaya punggung hampir sama dengan gaya bebas. Lengan akan berputar dan membentuk posisi seperti mendayung secara bergantian. Posisikan salah satu lengan di atas permukaan air dengan telapak tangan menghadap ke luar dan lengan lurus sejajar dengan bahu. Putar lengan ke arah belakang melewati kepala, lalu masukkan telapak tangan ke dalam air dengan jari kelingking terlebih dahulu.
  • Gerakan kaki
    Gerakan kaki pada renang gaya punggung juga hampir sama dengan gaya bebas. Teknik ini juga dikenal sebagai tendangan flutter dengan menggunakan pinggul sebagai porosnya.
    Anda harus mendayung di dalam air yang berporos pada pinggul, bukan lutut. Jika melakukan gerakan pada lutut, hal ini lebih berisiko menimbulkan nyeri dan cedera lutut.

Banyak manfaat yang bisa didapatkan dari renang gaya punggung. Berenang secara umum dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Berenang bagi manusia bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh, melatih kekuatan otot, dan menurunkan berat badan jika dilakukan secara teratur. Berenang juga membantu menghilangkan stress di dalam diri.

Kontributor : Nadia Lutfiana Mawarni

Baca Juga: Ngebet Renang, Wisatawan Asal Cipondoh Tangerang Hilang Tergulung Ombak

Komentar