Sport / raket
Arief Apriadi
Pelatih Tunggal Putri Indonesia, Rionny Mainaky, memberikan arahan kepada Gregoria Mariska Tunjung. [Humas PBSI]

Suara.com - Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) memilih banyak pemain muda untuk mengisi skuad tim Indonesia untuk Piala Sudirman 2021. Ada alasan tersendiri dibalik keputusan tersebut.

Menurut Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi (Kabid Binpres) PBSI, Rionny Mainaky, keputusan yang diambil pihaknya sudah sesuai indikator dan skala yang ditetapkan.

Rionny menegaskan bahwa PBSI tidak memilih pebulutangkis mutlak hanya dari ranking, tetapi dari performa dalam beberapa turnamen yang ditentukan, serta hasil di latihan dan simulasi.

"Saya yakin yang saya pilih tidak salah. Mereka rajin, bagus, latihan tidak mengeluh. Poinnya di situ," kata Rionny Mainaky dalam jumpa pers virtual, Selasa (14/9/2021).

Baca Juga: Resmi! Ini Skuad Bulutangkis Indonesia di Piala Sudirman 2021

"Tim yang dipilih ini, hasil sharing saya dengan pelatih di setiap sektor. Hasil itu dilihat dari penampilan mereka, dari latihan, jadi bukan dari simulasi saja," tambahnya.

Tim bulutangkis Indonesia menurunkan 11 pebulutangkis putra dan sembilan pebulutangkis putri di Piala Sudirman 2021.

Tunggal putra, tunggal putri dan ganda putra masing-masing membawa tiga wakil, sementara ganda putri dan ganda campuran dua wakil.

Beberapa pemain muda turut dilibatkan dalam tim ini. Mereka antara lain tunggal putri Putri Kusuma Wardani dan Ester Nurumi Tri Wardoyo, serta pasangan ganda putri Ribka Sugiarto / Siti Fadia Ramadhanti.

Khusus di tunggal putri, PBSI secara mengejutkan tak memasukan nama Ruselli Hartawan yang terbilang lebih senior dari Putri KW maupun Ester.

Baca Juga: Daftar Skuad Bulutangkis Indonesia di Ajang Sudirman Cup 2021

Piala Sudirman 2021 akan berlangsung di Vantaa, Finlandia pada 26 September hingga 3 Oktober 2021 mendatang. Indonesia tergabung di Grup C bersama Denmark, Komite Olimpiade Rusia (ROC), dan Kanada.

Komentar