Sport / arena
Arief Apriadi
Point guard Satria Muda Pertamina Jakarta, Christian Gunawan (tengah) beraksi melawan West Bandits Solo dalam gim kedua semifinal Divisi Putih IBL 2021 di Mahaka Square Arena, Jakarta, Minggu (30/5/2021). (HO/IBL/Hari Purwanto)

Suara.com - Operator Indonesian Basketball League (IBL) telah mengumumkan hasil undian divisi bagi tim-tim peserta kompetisi musim 2022 pada Senin (22/11/2021).

Juara bertahan Satria Muda Pertamina Jakarta berada di Divisi Merah bersama West Bandits Solo yang musim lalu mereka singkirkan di babak semifinal.

Sedangkan Pelita Jaya Bakrie Jakarta yang berstatus runner-up ditempatkan di Divisi Putih bersama semifinalis musim lalu lainnya, Dewa United Surabaya.

"Kedua tim teratas musim lalu, Satria Muda dan Pelita Jaya, berada dalam pot satu diikuti dua semifinalis di pot dua," kata Direktur Utama IBL Junas Miradiarsyah dikutip dari laman resmi IBL.

Baca Juga: Jelang IBL 2022, Dewa United Surabaya Rekrut Xaverius Prawiro

"Kemudian di pot tiga terdapat dua tim yang lolos ke playoff musim lalu, DNA Bima Perkasa Jogja dan Prawira Bandung. Sepuluh tim lainnya ada di pot empat," ujar dia menambahkan.

Bima Perkasa mendapatkan hasil undian ke Divisi Merah, sedangkan Prawira di Divisi Putih.

Masing-masing divisi juga terisi dua tim peserta baru IBL, yakni Tangerang Hawks dan Bumi Borneo Basketball Pontianak di Divisi Merah serta RANS PIK Basketball dan EVOS Thunder Bogor di Divisi Putih.

Nantinya dari tiap divisi akan dicari empat tim terbaik untuk lolos ke fase playoff IBL 2022 yang bertambah menjadi delapan tim mengikuti pertambahan jumlah peserta liga.

Namun, jalur pertandingan playoff tidak ditentukan berdasarkan divisi, melainkan klasemen tunggal dengan urutan satu sampai delapan. Putaran pertama playoff kemudian akan menyajikan tim peringkat pertama lawan urutan kedelapan (1 vs 8), 2 vs 7, 3 vs 6 dan 4 vs 5.

Baca Juga: Luhut Binsar Pandjaitan Restui Rencana IBL Gelar Kompetisi di Beberapa Kota

Dengan format tersebut, memungkinkan tim lintas divisi bertemu bahkan sejak putaran pertama playoff dan bukannya menanti hingga babak final seperti musim lalu.

Komentar

terkini