Tekno / gadget
Liberty Jemadu | Dicky Prastya
Pemerintah China memerintahkan Apple menghapus aplikasi Al Quran dari iPhone. [Apple]

Suara.com - Apple memutuskan untuk menghapus salah satu aplikasi Al-Quran terpopuler bernama Quran Majeed di App Store China. Penghapusan aplikasi ini diketahui atas dasar permintaan pejabat setempat.

Dikutip dari BBC, Senin (18/10/2021), aplikasi itu dihapus lantaran menampung teks-teks keagamaan ilegal.

Beijing sendiri belum menanggapi permintaan komentar dari BBC.

Quran Majeed sendiri adalah aplikasi Al-Quran yang dibuat Pakistan Data Management Services (PDMS). Aplikasi ini tersedia di seluruh dunia di App Store dan memiliki hampir 150.000 review.

Baca Juga: Apple Sebutkan iOS Lebih Aman Ketimbang Android

Sementara di China, aplikasi ini sudah memiliki hampir satu juta pengguna.

Dihapusnya aplikasi Quran Majeed ini pertama kali ditemukan oleh Apple Censorship, sebuah situs web yang memantau aplikasi di App Store secara global.

Pengembang Quran Majeed, PDMS menyatakan, aplikasi mereka telah dihapus Apple di App Store China karena berisi konten yang memerlukan dokumentasi tambahan dari otoritas China.

"Kami mencoba menghubungi Cyberspace Administration of China dan otoritas China terkait untuk menyelesaikan masalah ini," ujarnya.

Di sisi lain, Apple menyebut bahwa perusahaan harus mematuhi undang-undang setempat, meskipun mereka mengaku ada beberapa masalah yang mungkin tidak disetujui.

Baca Juga: Genshin Impact Kini Dukung 120 fps di iPhone 13 Pro dan iPad Pro

"Kami diharuskan mematuhi undang-undang setempat, dan terkadang ada masalah kompleks yang mungkin tak kami sepakat dengan pemerintah," ujar Apple.

Komentar