Bola / bola-indonesia
Arief Apriadi
Okto Maniani saat mengikuti tarkam di Cilacap pada 2016 silam. (AFP/Adek Berry).

Suara.com - Beberapa pemain timnas Indonesia mengalami penurunan karier pasca gelaran Piala AFF 2010. Karier mereka perlahan-lahan meredup seiring dengan kegagalan skuad Garuda meraih gelar juara di ajang tersebut.

Di bawah komando Alfred Riedl, timnas Indonesia yang saat itu dipandang sebelah mata. Namun, mereka secara luar biasa mampu menunjukkan kualitas super dengan melangkah hingga ke final.

Namun, performa apik sepanjang penyisihan grup dan fase knock-out tak mampu diduplikasi timnas Indonesia di partai puncak hingga harus mengakui keunggulan Malaysia partai puncak yang bergulir dengan format dua leg dengan skor akhir 2-4.

Entah berhubungan atau tidak, beberapa pemain jebolan timnas Indonesia di Piala AFF 2010 mengalami penurunan performa selepas itu. Berikut lima diantaranya:

Baca Juga: Soroti Mental Pemain, Bima Sakti: Timnas Indonesia U-16 Butuh Banyak Uji Coba

1. Kurnia Meiga

Mantan kiper Timnas Indonesia, Kurnia Meiga. [Shutterstock]

Kurnia Meiga merupakan salah satu kiper terbaik timnas Indonesia saat itu. Dia mampu mengalahkan kiper-kiper hebat lainnya untuk menancapkan kakinya di bawah mistar gawang skuad Garuda seperti Markus Horison dan Fery Rotinsulu.

Selain itu, Kurnia Meiga juga berstatus sebagai juara Indonesia Super League 2009/2010 usai tampil apik demi mengantarkan Arema Indonesia merengkuh trofi bergengsi itu.

Namun, karier Kurnia Meiga mulai meredup setelah itu. Pada 2017, dia dikabarkan mengalami penyakit misterius yang menyerang matanya dan membuatnya pensiun dini dari sepak bola di usianya yang baru 27 tahun.

2. Okto Maniani

Baca Juga: Shin Tae-yong Soroti Ansan Greeners yang Tak Mainkan Asnawi Mangkualam di Posisi Terbaiknya

Tunggangan Okto Maniani. (Instagram)

Menjadi pemain yang pernah mengenakan jersey nomor 10 timnas Indonesia, Okto Maniani adalah bintang pada masa itu. Dia dianggap memiliki kualitas mumpuni sebagai pemain sayap lincah nan eksplosif.

Komentar

terkini