Health / konsultasi
Rima Sekarani Imamun Nissa | Shevinna Putti Anggraeni
Ilustrasi liburan. (Unsplash/Clarisse M)

Suara.com - Kasus virus corona Covid-19 di Indonesia terus meningkat. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku tak ingin angka kasus virus corona Covid-19 ini semakin meningkat selama libur panjang Oktober 2020.

Presiden Jokowi mengingatkan jajaran kementeriannya untuk tak mengulang kasus virus corona klaster libur panjang yang sebelumnya.

"Berkaitan dengan libur panjang di akhir Oktober tahun 2020 mengingat kita memiliki pengalaman kemarin libur panjang pada satu setengah bulan yang lalu mungkin setelah itu terjadi kenaikan yang agak tinggi," ujar Jokowi saat memimpin rapat terbatas di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (19/10).

Libur panjang memang menjadi momen berisiko penyebaran dan penularan virus corona Covid-9. Tapi, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) telah menawarkan pertimbangan untuk melindungi individu, keluarga, teman dan suatu komunitas dari virus corona selama liburan.

Salah satunya, merayakan momen liburan bersama secara virtual dengan keluarga jauh maupun kerabat dekat yang tinggal berjauhan. Karena, pertemuan tatap muka meningkatkan risiko penularan virus corona.

Ilustrasi Virus Corona (Unsplash/CDC)

CDC melalui website resminya telah melaporkan beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko penularan virus corona Covid-19 selama momen liburan.

1. Tingkat komunitas

Tingkat kasus virus corona Covid-19 yang lebih tinggi tergantung pada lokasi pertemuan dan asal peserta yang hadir. Karena itu, Anda perlu memastikan betul tempat untuk liburan aman dan peserta yang ikut tidak berasal dari wilayah dengan kasus virus corona tinggi.

2. Lokasi pertemuan

Pertemuan di dalam ruangan lebih berisiko menularkan virus corona dibandingkan pertemuan di luar ruangan. Pertemuan di dalam ruangan dengan ventilasi buruk jauh lebih buruk, maka perlu pastikan sirkulasi udara baik saat mengadakan pertemuan di dalam ruangan.

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.