Suara.com - Teh bukan sekadar minuman pelepas dahaga. Teh juga mengandung berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh, baik fisik maupun mental.
Direktur departemen psikiatri dan psikoterapi di Universitas Lübeck, Jerman, Stefan Borgwardt mengatakan bahwa dari hasil penelitian dibuktikan bahwa teh hijau bisa meningkatkan fungsi otak pada orang sehat.
Dalam sebuah studi tahun 2014, ia memberikan ekstrak teh hijau yang setara dengan satu atau dua cangkir teh hijau kepada 12 sukarelawan sehat dan mencitrakan otak mereka untuk menganalisis perubahan konektivitas di dalam wilayah otak tertentu.
"Kami melihat adanya peningkatan konektivitas di wilayah otak yang terkait dengan memori kerja," katanya dikutip dari CNN.
Dan tinjauan tahun 2017 terhadap lebih dari 100 penelitian yang dia tulis bersama juga ditemukan bahwa teh hijau dapat memengaruhi otak dalam tiga cara. Yakni, teh hijau dapat memengaruhi gejala psikopatologis seperti mengurangi kecemasan, kognisi dengan memanfaatkan memori dan perhatian, juga fungsi otak khususnya memori.
Tetapi, yang kurang jelas saat ini adalah senyawa mana dalam teh yang menimbulkan peningkatan kekuatan otak. Antioksidan seperti epigallocatechin gallate (EGCG), senyawa yang paling banyak, diikuti oleh L-theanine, asam amino yang ditemukan di daun teh, dan kafein diduga yang berperan paling banyak.
Borgwardt mengatakan manfaatnya kemungkinan bukan konsekuensi dari satu komponen tetapi terkait dengan keberadaan kafein dan L-theanine. Ada juga saran bahwa teh dapat memperbaiki gejala depresi, demensia, dan sindrom Down.
Sebuah studi tahun 2018 yang dilakukan di Korea Selatan menemukan bahwa peminum teh hijau, 21 persen lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami depresi selama hidup mereka. Namun, sebagai studi observasional, ia tidak dapat menetapkan sebab dan akibat, hanya asosiasi.
Borgwardt juga mengatakan bahwa penelitian pada hewan menunjukkan bahwa ada perubahan dalam materi abu-abu otak dan berpotensi, efek teh ini dapat digunakan untuk menargetkan penyakit kejiwaan seperti depresi dan demensia.
Baca Juga: Lawan Stres dengan Melatih Mindfulness, Begini Caranya
Tetapi dia mencatat bahwa penelitian itu pada tahap yang sangat awal, bahwa studi eksperimental harus dikonfirmasi dengan uji klinis yang lebih besar sebelum menarik kesimpulan apa pun.
Selain dari kesehatan mental, teh juga punya manfaat untuk kesehatan fisik. Hal itu terkait dengan umur yang lebih panjang, dapat mengurangi beberapa faktor risiko penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke, mungkin juga memiliki efek penghilang lemak.
Gunter Kuhnle, seorang profesor di departemen ilmu pangan dan gizi di University of Reading di Inggris, meneliti manfaat flavanol, yang ditemukan dalam teh, kakao, dan beberapa buah. Penelitiannya, yang diterbitkan tahun lalu, menemukan bahwa orang yang mengonsumsi makanan kaya flavanol, seperti beri, teh, dan apel, cenderung memiliki tekanan darah rendah.
Sementara penelitian lain menemukan hubungan antara flavanol dan manfaat kesehatan, penelitian ini adalah yang pertama mengukur asupan senyawa secara obyektif menggunakan biomarker yang ditemukan dalam urin.
Sebagian besar penelitian yang menilai manfaat teh dan senyawa bermanfaatnya biasanya bersifat observasi, bergantung pada pelaporan diri subjektif dan dampak dari bagaimana makanan disiapkan dan dikonsumsi, kata Kuhnle.
Berita Terkait
-
Siasat Penjual Es Teh di Demak Jadi Kedok Edarkan Sabu, Ternyata Residivis dan DPO!
-
Olahraga Pagi dan Kesehatan Mental: Kebutuhan atau Sekadar Tren?
-
Dunia Semakin Canggih, tetapi Mengapa Banyak Orang Ingin Hidup Sederhana?
-
Saham BBCA Ambruk, Kini Lebih Murah dari Segelas Teh Poci!
-
Membedah Fenomena Bedtime Procrastination: Ketika 'Lima Menit Lagi' Merampas Waktu Tidur
Terpopuler
- Tak Terima Ditahan KPK, Titin Rita Lestari Bongkar Peran Atasan di Kasus Suap BPK Muara Enim
- Tak Ikut Aksi Bareng Mahasiswa di Bundaran HI Hari Ini, Said Iqbal Ungkap Alasan Buruh
- Indonesia Sudah Capek! Mahasiswa UI Serukan Demo di Bundaran HI, Tuntut Prabowo Akui Kesalahan
- 5 Lipstik Rekomendasi Fuji yang Tahan Lama, Tidak Kering dan Anti Pecah-Pecah
- PT Blueray Cargo Milik Siapa? Perusahaan Logistik yang Seret Raffi Ahmad dalam Kasus Suap Importasi
Pilihan
-
Aliansi Rakyat Memanggil Kritik Sederet Program Pemerintah, Tuntut Prabowo-Gibran Lengser
-
Hasil Piala Dunia 2026: Hajar Paraguay, Start Sempurna Amerika Serikat
-
Neymar Dipastikan Absen di Piala Dunia 2026, Kesalahan Pertama Ancelotti
-
Thamrin Lumpuh Total, Massa Aksi Mengular hingga Dukuh Atas Hingga Jumat Malam
-
Ngotot Mau Demo di Bundaran HI Meski Dihadang Aparat, Mahasiswa: Istana dan DPR Tak Mendengar Kami!
Terkini
-
Dokter Bantah Mitos Obat Kolesterol dan Diabetes Rusak Ginjal, Ini Penjelasannya
-
Anak Sering Ruam atau Diare Setelah Minum Susu? Bisa Jadi Tanda Alergi Susu Sapi
-
Metoo Hadirkan Senyum di Tengah Mobilitas Jakarta lewat Aktivasi Interaktif di CSW
-
Dorong Pola Makan Seimbang, Konsumsi Buah dan Sayur Masih Jadi Tantangan di Indonesia
-
Saat Lambung Mulai Sensitif, Ini Pilihan Makanan yang Lebih Ramah di Perut
-
Quinn Salman Selalu Sempatkan Waktu Bermain Bersama Keluarga, Ternyata Manfaatnya Bagus Banget?
-
Mobilitas Tinggi Bikin Kulit Lebih Rentan Terpapar Kuman, Kapan Perlu Antiseptik?
-
Ancaman Tak Terlihat bagi Lingkungan Perairan: Residu Antidepresan Meningkat di Sungai
-
Layanan Ortopedi Dalam Negeri Kian Dekat dengan Standar Internasional
-
Pengembangan Vaksin Dalam Negeri Kian Maju, Perlindungan terhadap HPV Jadi Fokus