Health / konsultasi
Arendya Nariswari | Shevinna Putti Anggraeni
Ilustrasi kanker prostat. (Elements Envato)

Suara.com - Saat ini, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sedang menjalani perawatan medis di luar negeri, karena menderita kanker prostat stadium awal. Kondisi yang menimpa SBY sekarang ini pun mestinya menjadi pelajaran bagi semua orang, khususnya pria yang rentan menderita kanker prostat.

Kanker prostat adalah jenis kanker yang paling umum pada pria. Penyakit ini bisa berakibat fatal, tetapi diagnosis dini bisa membantu pengobatan kanker prostat lebih efektif dan cepat.

Menurut Earim Chaudry, direktur medis Manual platform kesehatan pria, pria 20 persen lebih kecil kemungkinannya untuk mengunjungi dokter daripada wanita. Hal ini membuat banyak pria menderita kanker prostat dan tidak mendapatkan perawatan kesehatan lebih cepat.

Padahal, konsultasi dengan dokter ketika gejala awal kanker prostat itu muncul sangat membantu pengobatannya. Sayangnya, kanker prostat termasuk kanker yang berkembang perlahan sehingga berisiko tidak terdeteksi selama bertahun-tahun.

Baca Juga: Benarkah Virus Corona Sebabkan Hilangnya Indra Perasa Secara Permanen?

Pakar kesehatan pria mengatakan bahwa salah satu perubahan utama dalam kebiasaan mandi bisa menjadi tanda peringatan penyakit prostat atau kanker prostat.

Mantan Presiden ke enam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). (Sekretariat Presiden)

Earim Chaudry mengatakan kesulitan buang air kecil atau rasa sakit ketika buang air kecil bisa menjadi tanda penyakit prostat atau kanker prostat yang tidak bisa diabaikan.

Saat prostat mulai membesar, kondisi ini bisa menekan uretra (saluran yang membawa urine dari kandung kemih) yang bisa membuat seseorang kesulitan buang air kecil.

Perubahan pada kebiasaan buang air kecil yang menandakan kanker prostat ini bisa berupa peningkatan keinginan buang air kecil, perasaan seolah-olah mengejan ketika buang air kecil, perasaan bahwa kandung kemih tidak pernah kosong.

Menurut NHS dilansir dari Express, pria mungkin juga tiba-tiba merasakan keinginan untuk buang air kecil yang membuat mereka harus segera mencari toilet. Selain itu, darah yang keluar bersamaan dengan urine juga bisa menjadi indikasi kanker prostat.

Baca Juga: Virus Corona Varian A.Y 4.2 Terdeteksi di Singapura, Bagaimana Indonesia?

Meskipun gejala-gejala ini tidak selalu pertanda kanker prostat, tapi sangat perlu diwaspadai dan harus segera konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan diagnosis yang tepat.

Ada beberapa perubahan kebiasaan buang air kecil yang menandakan gejala kanker prostat menurut NHS, antara lain:

  1. Keinginan buang air kecil lebih sering di malam hari
  2. Keinginan buang air kecil yang terburu-buru
  3. Mengejan dan membutuhkan waktu lama untuk buang air kecil
  4. Kesulitan buang air kecil
  5. Aliran urine yang lemah
  6. Perasaan seolah-olah kandung kemih tidak pernah kosong
  7. Darah dalam urine ketika buang air kecil

Ada juga beberapa tanda peringatan bahwa kanker prostat bisa menyebar, termasuk nyeri tulang dan punggung, kehilangan nafsu makan, nyeri pada testis dan penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan.

Menurut Prostate Cancer UK, Anda bisa konsultasi dengan dokter umum secara rutin bila berusia 50 tahun, berada di atas usia 50 tahun atau di atas usia 45 tahun, orang dengan riwayat keluarga menderita kanker prostat.

Komentar