News / nasional
Dwi Bowo Raharjo | Ria Rizki Nirmala Sari
Sakti Wahyu Trenggono. '[Suara.com/Muhammad Yasir]

Suara.com - Menteri Kelautan dan Perikanan (MenKP) Sakti Wahyu Trenggono sempat kaget saat dihubungi oleh Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno pada pekan lalu. Ia mengaku harus belajar banyak terutama soal laut.

Ia dihubungi Pratikno karena ditunjuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mengisi kursi MenKP. Trenggono pun sempat menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Jokowi yang memberikan amanah kepadanya.

"Saya diberitahu oleh bapak Menteri Sekretaris Negara minggu lalu dan terus terang ini adalah berita yang cukup mengagetkan," kata Trenggono seperti dikutip kanal YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (23/12/2020).

Tidak memiliki latar belakang yang sejalan, Trenggono mengaku harus banyak mempelajari soal kelautan dan perikanan.

Baca Juga: Ini Pesan Presiden Jokowi soal Bansos untuk Mensos Risma

Menurutnya, Indonesia diberikan anugerah berupa lautan luas yang harus dimanfaatkan untuk generasi penerus.

"Saya harus banyak belajar tentang laut. Kita ini adalah negara kepulauan yang daratannya lebih sedikit dibandingkan dengan kelautan," ujarnya.

"Laut itu berserta isinya adalah sebuah anugerah menurut saya dari Tuhan YME, untuk bisa memberi, kalau kita kelola dengan baik, itu akan memberikan manfaat yang besar bagi bangsa dan generasi berikutnya," tambah Trenggono.

Mantan Wakil Menteri Pertahanan itu juga sudah menargetkan untuk mengevaluasi beragam masalah yang ada di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) selama satu hingga dua bulan mendatang.

Adapun ia memastikan bakal menjaga keberlangsungan daripada ekosistem di kelautan.

Baca Juga: Genggam Tasbih saat Dilantik Jokowi, Sandiaga: Kelihatan Ya?

"Dalam waktu yang saya kira tidak lama barangkali 1-2 bulan kedepan saya akan belanja masalah untuk mengevaluasi semua apakah yang sudah dilakukan, mana yang baik kita lanjutkan yang tidak baik kita hentikan."

Komentar