News / nasional
Bangun Santoso | Bagaskara Isdiansyah
Prabowo Subianto

Suara.com - Wakil Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional (PAN), Viva Yoga angkat bicara menanggapi bakal majunya kembali Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai kontestan Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024.

PAN sendiri mengapresiasi Gerindra yang kembali bakal mengusung Prabowo, namun keputusan mengenai Pilpres ada di tangan Ketum PAN Zulkifli Hasan.

"PAN mengapresiasi kepada Gerindra yang menyalonkan kembali pak Prabowo sebagai capres di Pemilu 2024," kata Viva kepada wartawan seperti dikutip Suara.com, Senin (11/10/2021).

Menurut Viva, PAN sudah dua kali mendukung Prabowo sebagai calon presiden yakni di Pilpres 2014 dan 2019. Namun untuk kekinian sikap mengenai dukungan atau segala hal berkaitan dengan Pilpres ada ditangan Zulkifli Hasan.

Baca Juga: Pilpres 2024, Gerindra Usung Prabowo Lagi, PKS Bilang Begini

"Sikap PAN, sesuai dengan hasil Rakernas II PAN pada tanggal 31 Agustus 2021, bahwa tentang kebijakan pilpres kewenangan penuh diserahkan kepada ketua umum PAN, Zulkifli Hasan, untuk mengambil langkah-langkah strategis dalam proses pencalonan capres atau cawapres," tuturnya.

Menurutnya, PAN sedang fokus untuk menata organisasi partai secara modern dengan mengembangkan budaya digital, membantu pemerintah dalam percepatan program pemulihan ekonomi nasional.

"PAN saat ini masih membuka diri untuk berkomunikasi dengan partai politik maupun bakal capres atau cawapres. Karena PAN tidak dapat sendirian mengusung paslon. Jadi harus berkoalisi dengan partai politik lainnya untuk memenuhi syarat presidential threshold 20%," ungkapnya.

Lebih lanjut, Viva mengatakan, para kader PAN menginginkan agar Zulkifli Hasan yang maju di Pilpres 2024 mendatang. "PAN menginginkan dan memperjuangkan agar Ketua Umum PAN, Bang Zulkifli Hasan dapat maju di Pemilu Presiden 2024," tandasnya.

Prabowo Maju Lagi

Baca Juga: Kabar Prabowo Subianto Mau Nyapres di Pilpres 2024, PKS Mau Merapat Lagi?

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto bakal maju sebagai konstestan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Selain karena dorongan kader, majunya Prabowo tersebut juga disebut sebagai harapan dari masyarakat.

Komentar