News / internasional
Bangun Santoso
Penampakan foto udara banjir di negara bagian Bahia, Brasil. (foto: AFP)

Suara.com - Setidaknya ada 116 kota di negara bagian Bahia, di bagian timur laut Brasil, pada Selasa (28/12) berada dalam keadaan darurat banjir. Hal itu akibat hujan lebat yang mengguyur kawasan itu sejak akhir November lalu.

Menyadur laman VOA, Rabu (29/12/2021), kota-kota di sedikitnya lima negara bagian lain di wilayah utara dan tenggara Brasil juga telah terendam banjir dalam beberapa hari terakhir. Di Bahia, banjir telah menimbulkan dampak pada lebih dari 470.000 orang.

Di sedikitnya 50 kota, air yang meluap ke rumah dan pusat pertokoan memaksa ribuan orang mengungsi ke tempat yang kering dan meninggalkan barang-barang mereka. Puluhan ribu orang kehilangan tempat tinggal akibat banjir tersebut.

Banjir di Brasil memutus akses jalan dan jembatan di negara bagian Bahia. (foto: AFP)

Associated Press melaporkan dalam beberapa pekan terakhir ini sedikitnya 21 orang meninggal dan 358 orang mengalami luka-luka dalam musibah itu.

Baca Juga: Ribuan Warga Brasil Mengungsi Akibat Banjir, 17 Orang Dilaporkan Tewas

Dari beberapa foto yang diunggah AFP, banjir tak hanya merendam kawasan, namun juga telah menyebabkan sejumlah insfrastruktur rusak. Salah satunya adalah jembatan utama yang jebol hingga tak mungkin bisa dilewati.

Komentar