News / nasional
Farah Nabilla
Ilustrasi CCTV - Link CCTV Tol OnlineĀ (Pixabay)

Suara.com - Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, meramal puncak arus balik Lebaran 2022 terjadi pada 6-8 Mei 2022. Hal itu merujuk Survei Potensi Pergerakan Orang Lebaran 2022 Kementerian Perhubungan. Puncak arus balik pada periode itu dipicu sejumlah aktivitas perkantoran yang akan kembali normal awal pekan depan. Untuk menghindari macet, pemudik bisa ikut memantau CCTV tol secara online lewat cara berikut.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengimbau masyarakat yang cutinya bisa diperpanjang untuk menghindari perjalanan balik pada tanggal tersebut. Hal itu untuk mencegah kepadatan kendaraan.

Pemudik dapat memanfaatkan laman yang menyediakan layanan live streaming dari tangkapan kamera CCTV online yang terpasang di sejumlah titik atau rute untuk memantau lalul lintas. Dengan pantauan lalu lintas online, pemudik dapat melihat kondisi lalu lintas terkini secara online lewat ponsel. Berikut ini cara cek CCTV jalan tol untuk pantau arus balik Lebaran 2022 lewat sejumlah aplikasi.

1.       Travoy

Baca Juga: Jadwal Tol One Way Arus Balik Mudik Lebaran 2022 Terbaru Berlaku Besok, Pemudik Cek Dulu!

Pemudik dapat mengecek CCTV jalan tol Trans Jawa menggunakan aplikasi Travoy milik PT Jasa Marga. Travoy menampilkan CCTV ruas tol terdekat atau ruas tol mana pun yang ingin Anda pantau. Tak hanya itu, Travoy dilengkapi dengan fitur mengecek tarif tol, cek dan isi saldo kartu eTol hingga menunjukkan daftar rest area. Berikut langkah untuk memakainya.

  • Download aplikasi Travoy di AppStore atau PlayStore;
  • Daftar menggunakan email aktif Anda, lalu login;
  • Pilih menu CCTV;
  • Ruas tol yang paling dekat dengan lokasi Anda akan muncul secara otomatis;
  • Jika ingin melihat arus lalu lintas di tol lain, ketik ruas tol yang Anda ingin pantau.

2. RTTMC Kemenhub

Laman Road Transport and Traffic Management Center (RTTMC) dari Kemenhub memiliki layanan live streaming kondisi lalu lintas. Sumbernya dari kamera CCTV di beberapa ruas jalan. Namun tidak semua ruas jalan di Indonesia bisa dipantau lewat live streaming CCTV pada laman RTTMC Kemenhub.

Ada lebih dari 30 pantuan lalu lintas CCTV online yang terpasang di titik rawan kemacetan, seperti pada jalur Nagreg, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Supaya bisa mengecek kemacetan lalu lintas, kunjungi link live streaming CCTV berikut http://rttmc.dephub.go.id/rttmc/livecctv, lewat browser di ponsel.

2.       ATCS Dishub

Baca Juga: GT Palimanan hingga KM 72 Tol Cikampek One Way Arus Balik hingga Pukul 24.00 WIB Hari Ini

Opsi lain yakni dengan layanan live streaming CCTV atau pantuan lalu lintas CCTV online Area Traffic Control System (ATCS) dari Dinas Perhubungan (Dishub) di kota atau kabupaten tertentu. Tayangan pantauan lalu lintas CCTV online ATCS Dishub memiliki lingkup spesifik pada ruas jalan yang ada di satu kota atau kabupaten saja.

Komentar

terkini