Otomotif / mobil
RR Ukirsari Manggalani
MINI Paddy Hopkirk Edition [BMW Group Indonesia].

Suara.com - Monte Carlo, MINI Cooper S, mekanik, sepeda motor, BMW i3, SAE, tekanan ban, dan mobil listrik menjadi highlight dari lima artikel rekomendasi kanal otomotif Suara.com di awal pekan ini.

MINI Cooper mengukir sejarah panjang tentang keikutsertaan mereka di dunia balap mobil. Salah satu yang terkenal adalah di Monte Carlo, Monako. Kekinian, di Indonesia telah hadir 10 unit MINI Paddy Hopkirk Edition. Berbasis MINI Cooper S, inilah andalan driver Paddy Hopkirk dari Irlandia Utara yang memenangkan kejuaraan itu pada 1964.

Sementara itu, di sektor roda dua, kawasan penyangga di sekitar area wisata Sirkuit Mandalika terus menyiapkan diri. Dalam rangka menyambut rencana masuknya seri-seri balap sepeda motor kelas dunia, dan memberdayakan potensi warga Sasak pada umumnya, inilah pembekalan yang dilakukan.

Yaitu mengadakan pelatihan mekanik siap berkarya yang dilakukan antara produsen sepeda motor kenamaan serta pemerintah, untuk para tenaga muda di Lombok bagian utara. Meliputi kawasan Mandalika dan sekitarnya.

Baca Juga: Potret Yamaha Mio Berdebu Bikin Publik Heran, Spidometernya Jadi Sorotan

Masih seputar roda dua, terobosan dilakukan oleh sebuah perusahaan startup yang menggagas aplikasi tekanan ban. Efektif buat diterapkan, dan sangat berguna membantu para rider sebelum mengaspal bersama tunggangan kesayangan.

Dan, sebagai penutup adalah kabar kekinian pentas mobil listrik. Berbagai produk diturunkan, memberikan konsumen banyak opsi dalam membeli produk bertenaga alternatif ini.

Pihak BMW memutuskan untuk tidak lagi memproduksi BMW i3 karena lambatnya penjualan produk bertenaga baterai listrik tadi.

Selamat membaca lima artikel rekomendasi kanal otomotif Suara.com, selamat mengawali pekan, dan jaga kesehatan dengan patokan protokol kesehatan.

1. Canggih, Startup Ini Kembangkan Aplikasi Tekanan Ban Motor

Baca Juga: Cuma di Bandara Ini, Lamborghini Dijadikan Kendaraan Operasional

Ilustrasi ban motor [Shutterstock].

Mengecek tekanan ban motor menjadi salah hal penting yang wajib dilakukan sebelum bepergian.

Pasalnya, tekanan ban yang tidak sesuai akan menimbulkan kerusakan pada karet pembungkus  roda ini, juga mengakibatkan bopeng atau tidak rata pada permukaan velg. Buntutnya berpotensi menimbulkan kecelakaan lalu lintas.

Baca selengkapnya

2. Penjualan Terus Merosot, BMW Hentikan Produksi Mobil Listrik i3

BMW i3, satu dari jajaran produk mobil listrik paling gres dari BMW, yang muncul perdana di GIIAS 2019 [Suara.com/ukirsari].

BMW dilaporkan akan menghentikan produksi BMW i3 untuk pasar Amerika Serikat (AS) pada Juli mendatang.

Melansir Carscoops, berakhirnya produksi i3 pastinya bukan tanpa dasar. Lambatnya penjualan diduga menjadi alasan utama perusahaan otomotif asal Jerman tersebut menghentikan produksinya.

Baca selengkapnya

3. ITDC Gelar Pelatihan 18 Mekanik Motor Muda Mandalika, Peserta Antusias

Pelatihan mekanik muda Mandalika oleh ITDC. (Dok. Istimewa)

PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), BUMN pengembang dan pengelola kawasan pariwisata di Indonesia, memulai pelatihan mekanik sepeda motor bagi 18 pemuda sasak terpilih dari enam desa penyangga The Mandalika, Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) di Lombok NTB yang dikembangkan oleh ITDC.

Pelatihan diselenggarakan oleh ITDC bekerjasama dengan Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) dan Dinas Koperasi UKM Provinsi NTB sejak hari Rabu (23/6/2021).

Baca selengkapnya

4. Arti Kode SAE dan API Service Pada Botol Oli?

Arti SAE pada botol oli mobil berkaitan dengan tingkat keenceran. Sementara API Service soal kualitas oli mesin mobil. Foto: Ilustrasi oli kendaraan. (Shutterstock)

Pada kemasan atau botol oli mobil ada beberapa kode huruf dan angka yang sebaiknya kita pahami agar perawatan mobil bisa lebih optimal. Memahami kode-kode itu bisa membantu pemilik mobil memilih oli yang tepat untuk kendaraannya.

Salah satu kode yang mungkin paling sering terlihat adalah SAE. Apa artinya?

Baca selengkapnya

5. Mini Paddy Hopkirk Edition Hadir di Indonesia, Cuma Tersedia 10 Unit

Mini Paddy Hopkirk Edition dilncurkan di Indonesia Sabtu (26/6/2021). Cuma tersedia 10 unit. [Dok Mini Indonesia]

Mini Indonesia menghadirkan mobil edisi khusus Mini Paddy Hopkirk Edition sebanyak 10 unit di Tanah Air. Mobil ini diproduksi untuk mengenang kemenangan pertama classic Mini pada kejuaraan legendaris Monte Carlo Rally pada tahun 1964.

Nama Mini Paddy Hopkirk Edition sendiri diambil dari nama pembalap Mini Cooper S klasik juara pada 1964, yakni Patrick “Paddy” Hopkirk asal Irlandia Utara.

Baca selengkapnya

Komentar

terkini