Press Release / pressrelease
Risna Halidi
Ilustrasi belajar bersama

Suara.com - Penyajian laporan keuangan dengan standar internasional merupakan hal yang penting. Hal tersebut bertujuan untuk mengkonvergensi standar akuntansi internasional dan standar akuntansi nasional.

Secara umum, akuntasi internasional berperan untuk bertukar informasi mengenai penyajian laporan keuangan di beberapa negara untuk mendapatkan keputusan dengan melihat perubahan yang terjadi dilingkup global.

Sayangnya, belum banyak universitas di Indonesia yang menyediakan jurusan tersebut. Padahal ada beberapa keunggulan yang didapatkan jika mengambil program akuntansi internasional seperti yang ditawarkan I3L School of Business (iSB).

Hal tersebut dipaparkan oleh Head of Association of Chartered Certified Accountant atau ACCA, Hani Karunia. Keunggulan tersebut diantaranya:

Baca Juga: Agustinus Purna Irawan Kembali Dilantik Jadi Rektor Untar

  • Mahasiswa mendapatkan kesempatan memperoleh advanced diploma certificate dari Association of Chartered Certified Accountant (ACCA) United of Kingdom.
  • Mahasiswa mendapatkan kesempatan memperoleh gelar Bachelor of Applied Accounting dari Oxford Brookes University-UK.
  • Mahasiswa mendapatkan kesempatan magang di networks ACCA.
  • Metode belajar yang lebih interaktif, bekerjasama dengan Sunway University Malaysia.

Hani Karunia mengungkapkan, peran teknologi dalam bisnis tidak bisa diindahkan, terlebih dengan globalisasi dan ketatnya persaingan kerja. Ia melanjutkan, seorang akuntan wajib memahami aplikasi teknologi dalam bisnis atau didalam praktek kerjanya di kemudian hari.

"ACCA mengajarkan materi dan kemampuan berpikir secara analitis yang berkaitan dengan aplikasi teknologi dan perannya dalam fungsi seorang akuntan. Ini adalah salah satu keunggulan tersendiri dari program belajar ACCA," ujar Hani dalam keterangan resmi yang diterima Suara.com beberapa waktu lalu.

ACCA (Association of Chartered Certified Accountant) yang didirikan pada tahun 1904 di Inggris adalah badan akuntansi professional global yang menawarkan kualifikasi Akuntan bersetifikat Chartered. ACCA memiliki total 700,000 anggota (members) dan pelajar (students) di 178 negara.

Pekerja profesional yang memiliki sertifikasi ACCA banyak dicari oleh perusahaan-perusahaan besar.  Sertifikat tersebut dianggap merepresentasikan integritas, kemampuan bisnis yang andal, dan pengetahuan dalam tentang akuntansi dan finansial (finance).

Hani juga menyatakan bahwa ACCA menjunjung tinggi standar internasional dalam etika berbisnis dan kemampuan akuntansi dan finansial yang dibutuhkan dalam praktik pekerjaan sebagai akuntan.

Baca Juga: Inovatif, Universitas Gunadarma Berhasil Ciptakan Ventilator Low Budget

Dalam banyak hal, memiliki sertifikasi ACCA juga melambangkan seseorang yang paham tentang aplikasi teknologi terkini dalam pekerjaan seorang akuntan. Selain itu, kurikulum dan materi ACCA juga mengajarkan tentang teknologi dalam dunia bisnis.

Komentar