Sport / balap
RR Ukirsari Manggalani | Arief Apriadi
Pebalap gaek MotoGP dari tim Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi. [AFP/Filippo Monteforte]

Suara.com - Rider dari tim Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi tampil buruk di tiga seri balapan terakhir. Pebalap berjuluk The Doctor ini tak menampik jika dirinya menyambangi MotoGP Jerman 2019 dalam kondisi sulit.

Hasil MotoGP Jerman tahun lalu. Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez (tengah), menjuarai MotoGP Jerman di Sirkuit Sachsenring, Minggu (15/7/2018). Diikuti kemudian olehduet pebalap Yamaha, Valentino Rossi (kiri) dan Maverick Vinales. [AFP/Robert Michael]

Sejak finis kelima pada MotoGP Prancis 2019, Valentino Rossi sudah absen mencapai garis finis dalam tiga balapan terakhir yakni MotoGP Italia, Catalunya, dan Belanda.

Pada MotoGP Italia, rider kelahiran Urbino, Italia itu bahkan gagal finis lantaran terjatuh saat coba melewati tikungan sembilan di Sirkuit Mugello. Sementara di MotoGP Catlunya dan Belanda, rider berusia 40 tahun ini terlibat kecelakaan.

"Kami datang (ke MotoGP Jerman) dalam kondisi sulit. Di Barcelona (Catalunya), saya cukup kompetitif meski akhirnya kurang beruntung," ujar Valentino Rossi seperti dikutip dari Crash, Jumat (5/7/2019).

Baca Juga: Boncengan Naik Skutik, Kang Emil Serasa Pengantin Kawin Lari

"Namun di Mugello dan Assen (Belanda), dua sirkuit di mana biasanya saya tampil kompetitif, saya justru menderita dan tampil sangat lambat sepanjang pekan," sambungnya.

Meski tak menampik tengah berada dalam periode sulit, Rossi masih menyimpan harapan untuk bisa kembali bersaing di barisan terdepan dalam MotoGP Jerman yang akan dihelat di Sirkuit Sachsenring, Minggu (7/7/2019).

Salah satu dasar yang membuat optimisme Rossi bangkit adalah perihal beberapa perbaikan yang telah dilakukan Yamaha atas besutannya, YZR-M1. Ia mengklaim jika kuda besinya sudah lebih baik dari sisi keseimbangan.

"Kami punya kesempatan (di MotoGP Jerman) karerna saat balapan di Assen, kami mengubah sesuatu terkait keseimbangan motor," beber Rossi.

"Saya tak merasa nyaman dalam posisi kecepatan maksimum. Namun saat balapan berlangsung, saya merasa bagus. Saya tampil lebih cepat dibanding sesi latihan bebas," sambung peraih tujuh gelar juara dunia.

Baca Juga: Telah Wafat Lee Iacocca, Penyelamat Chrysler

Rossi sendiri punya catatan bagus di Sirkuit Sachsenring. Pada balapan tahun lalu, The Doctor berhasil finis di pisisi kedua yang menjadi prestasi terbaiknya di gelaran MotoGP 2018.

Komentar