Bisnis / properti
Iwan Supriyatna | Achmad Fauzi
Sirkuit Mandalika. (Dok. ITDC)

Suara.com - PT PP (Persero) Tbk berusaha menyelesaikan pembangunan Sirkuit Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Bahkan, dengan progres yang akan selesai, pembangunan sirkuit ini dinilai yang tercepat.

Direktur Utama PTPP, Novel Arsyad mengatakan, Proyek pembangunan Sirkuit Mandalika ini dikerjasakan sejak bulan Juli 2020 sampai dengan Agustus 2021

"Dan menjadi pembangunan lintasan sirkuit yang tercepat," ujar Novel dalam keterangannya, Senin (18/10/2021).

Selain pembangunan tercepat, tutur Novel, lintasan sirkuit yang dibangun oleh PTPP ini merupakan sirkuit Moto GP pertama di Indonesia yang memiliki hasil pengaspalan termulus berkat teknologi yang digunakan dalam pembangunannya.

Baca Juga: Ditegur WADA, Indonesia Tetap Jadi Tuan Rumah MotoGP dan WSBK

Dalam pelaksanaan pengerjaan pengaspalan jalan tersebut, PTPP menerapkan inovasi dan teknologi terkini untuk memenuhi spesifikasi tinggi dari Federation Internationale de Motorcyclisme (FIM).

Berkat kualitas aspal yang dilakukan, jalan Sirkuit Mandalika diklaim dapat digunakan dengan kecepatan puncak hingga 310 kilometer per jam.

"Tentunya, tidak hanya dapat digunakan dengan kecepatan tinggi namun Sirkuit Mandalika juga tetap memperhitungkan keamanan para pengguna lintasan dengan sangat baik. Jalan lintasa Sirkuit Mandalika termasuk aman dikarenakan memiliki safety area, seperti Run off Asphalt dan Run of Gravel yang luas," kata dia.

Untuk diketahui, Pembangunan lintasan utama Sirkuit Mandalika sepanjang 4,310 kilometer yang memiliki 17 tikungan tersebut dikerjakan oleh PTPP.

Adapun lingkup pekerjaan yang dilakukan oleh PTPP, antara lain: Track Lane, Verge, Run off Asphalt, Run off Grass, Gravel Bed, Service Road, Drainage, Concrete Barrier, Tunnel, Race Control, Gantry, Medical Center, Spectator Fences, dan Observation Deck.

Baca Juga: PTPP Sabet Tiga Penghargaan di Ajang BUMN Corporate Brand Award

Sirkuit Mandalika memiliki area paddock yang dapat menampung sampai dengan 50 garasi. Selain itu, sirkuit tersebut memiliki kapasitasi tempat duduk sebanyak lebih dari 50.000 tempat duduk dan 138.000 area berdiri.

Komentar