Suara.com - Selama ini kamu mungkin pernah melihat adegan seorang yang terkena serangan jantung setelah berhubungan seks
Tapi ternyata itu memang bisa terjadi di kehidupan nyata. Bahkan penelitian menemukan hubungan antara keduanya.
Berhubungan seks adalah bentuk olahraga ringan hingga sedang dengan semua keuntungan kekebalan dan metabolisme yang diperlukan, tetapi ini adalah olahraga unik dengan manfaatnya sendiri.
Aktivitas seksual yang sering, terutama dalam hubungan dengan pasangan tetap, telah dikaitkan dengan penurunan tingkat stres, tekanan darah rendah, pereda nyeri, dan banyak lagi. Demikian seperti dilansir dari Mediacal Daily.
Sering berhubungan seks juga dikaitkan dengan penurunan penyakit kardiovaskular. Ini menunjukkan bahwa aktivitas seksual dapat membantu mencegah serangan jantung.
Ketika ditanya tentang manfaat kardiovaskular dari seks, Kristin Mark, PhD, direktur Lab Promosi Kesehatan Seksual Universitas Kentucky, mengatakan bahwa Orang yang memiliki kehidupan seks yang sehat mungkin memiliki gaya hidup sehat secara keseluruhan. Seks membantu mengatur hormon seperti estrogen dan testosteron, yang memengaruhi semua jenis sistem dalam tubuh, termasuk jantung. "
Lalu bagaimana dengan serangan jantung setelah berhubungan seks?Satu konsensus umum ialah bahwa selama jantung Anda tidak lemah secara abnormal dan Anda telah menyelesaikan rehabilitasi yang diperlukan, risikonya minimal dan manfaatnya mungkin signifikan.
Michael Blaha, MD, direktur penelitian klinis di Pusat Pencegahan Penyakit Jantung Johns Hopkins Ciccarone, mengatakan kepada majalah Hopkins Medicine, “Selama dokter Anda mengizinkan Anda dan Anda tidak mengalami gejala apa pun, itu OK untuk kembali ke aktivitas normal Anda. … [F] atau orang dengan jantung yang stabil, manfaat jangka panjang dari aktivitas fisik secara teratur - termasuk seks - jauh lebih besar daripada risikonya. "
Data mendukung saran ini. Menurut sebuah studi baru yang diterbitkan oleh European Society of Cardiology dan mencakup lebih dari 65 pasien di delapan pusat medis Israel, aktivitas seksual yang sering dalam beberapa bulan pertama setelah serangan jantung dikaitkan dengan harapan hidup yang lebih lama.
Baca Juga: Menstruasi Tidak Teratur Tingkatkan Risiko Penyakit Jantung, Kok Bisa?
Perbaikan terjadi terlepas dari seberapa sering orang telah berhubungan seks sebelum serangan jantung mereka.
Berita Terkait
Terpopuler
- Tak Terima Ditahan KPK, Titin Rita Lestari Bongkar Peran Atasan di Kasus Suap BPK Muara Enim
- Anaknya Terlibat di Program MBG, Wamenaker Afriansyah Noor Beri Penjelasan Usai Namanya Terseret
- Tak Ikut Aksi Bareng Mahasiswa di Bundaran HI Hari Ini, Said Iqbal Ungkap Alasan Buruh
- Indonesia Sudah Capek! Mahasiswa UI Serukan Demo di Bundaran HI, Tuntut Prabowo Akui Kesalahan
- Peluang Baru Terbuka, Kehidupan 4 Shio Ini Diprediksi Semakin Membaik Mulai 10 Juni 2026
Pilihan
-
Neymar Dipastikan Absen di Piala Dunia 2026, Kesalahan Pertama Ancelotti
-
Thamrin Lumpuh Total, Massa Aksi Mengular hingga Dukuh Atas Hingga Jumat Malam
-
Ngotot Mau Demo di Bundaran HI Meski Dihadang Aparat, Mahasiswa: Istana dan DPR Tak Mendengar Kami!
-
'Kalau Semua Diam, Siapa yang Akan Bicara?' Alasan Zaskia Adya Mecca Dukung Aksi Mahasiswa
-
Silakan Tabrak Kami! Polisi Tantang Massa Mahasiswa UI yang Nekat ke Bundaran HI
Terkini
-
Anak Sering Ruam atau Diare Setelah Minum Susu? Bisa Jadi Tanda Alergi Susu Sapi
-
Metoo Hadirkan Senyum di Tengah Mobilitas Jakarta lewat Aktivasi Interaktif di CSW
-
Dorong Pola Makan Seimbang, Konsumsi Buah dan Sayur Masih Jadi Tantangan di Indonesia
-
Saat Lambung Mulai Sensitif, Ini Pilihan Makanan yang Lebih Ramah di Perut
-
Quinn Salman Selalu Sempatkan Waktu Bermain Bersama Keluarga, Ternyata Manfaatnya Bagus Banget?
-
Mobilitas Tinggi Bikin Kulit Lebih Rentan Terpapar Kuman, Kapan Perlu Antiseptik?
-
Ancaman Tak Terlihat bagi Lingkungan Perairan: Residu Antidepresan Meningkat di Sungai
-
Layanan Ortopedi Dalam Negeri Kian Dekat dengan Standar Internasional
-
Pengembangan Vaksin Dalam Negeri Kian Maju, Perlindungan terhadap HPV Jadi Fokus
-
Mikroplastik Ada di Makanan, Minuman, hingga Udara: Seberapa Besar Risikonya bagi Kesehatan?