Health / konsultasi
Arendya Nariswari | Shevinna Putti Anggraeni
Ilustrasi virus corona, covid-19. (Pexels/@Anna Nandhu Kumar)

Suara.com - Seseorang berisiko terinfeksi virus corona Covid-19 jika melakukan kontak langsung dengan orang yang positif. Penularan virus corona ini bisa terjadi jika seseorang terkontaminasi cairan pernapasan orang yang terinfeksi ketika batuk, bersin atau berbicara.

Sayangnya, banyak orang mungkin masih bingung mengambil langkah yang tepat ketika terpapar orang yang positif virus corona Covid-19.

Bahkan beberapa orang masih bingung, faktor-faktor seperti apa yang mengharuskan seseorang melakukan isolasi mandiri untuk mencegah penyebaran virus corona Covid-19.

Untuk selengkapnya, simak informasi berikut ini mengenai faktor seperti apa yang membuat Anda harus melakukan isolasi mandiri:

Ilustrasi Virus Corona (Unsplash/CDC)
  1. Jika Anda memiliki gejala virus corona (suhu tinggi, batuk persisten atau kehilangan indra penciuman dan perasa)
  2. Jika Anda dinyatakan positif terinfeksi virus corona Covid-19
  3. Jika Anda tinggal dengan orang yang memiliki gejala atau positif terinfeksi virus corona
  4. Jika seseorang sudah dinyatakan positif terinfeksi virus corona
  5.  Saat Anda tiba atau berasal dari negara dengan kasus virus corona tinggi.

Saat Anda isolasi diri, Anda tidak boleh meninggalkan rumah atau mengundang tamu di rumah, kecuali untuk perawatan yang berkaitan dengan kondisi Anda.

Selain itu, orang yang sedang melakukan isolasi mandiri juga tidak boleh pergi ke toko atau berolahraga di tempat umum. Jika Anda membutuhkan barang-barang penting, makanan dan obat-obatan, sebaiknya meminta pertolongan orang lain.

Jika Anda harus melakukan isolasi mandiri setelah terpapar orang yang positif virus corona Covid-19, maka Anda membutuhkan waktu selama 14 hari.

Meskipun Anda tidak mengalami gejala, Anda tetap harus isolasi mandiri 14 hari setelah terpapar orang positif virus corona.

Bahkan, Anda tidak boleh melakukan tugas apapun di tempat umum setelah diminta untuk isolasi mandiri. Langkah ini bertujuan menekan risiko penularan virus corona.

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.