Suara.com - Kehadiran aplikasi streaming film yang menyediakan berbagai tontonan dan serial membuat banyak orang tak bisa lepas dari gadget dan televisi. Tapi tahukah, bahwa terlalu sering atau kecanduan menonton televisi bisa menyebabkan penggumpalan darah.
Kenapa? Dilansir dari NY Post, Penelitian baru menunjukkan bahwa orang yang menonton TV selama lebih dari empat jam per hari lebih mungkin untuk mengembangkan kondisi pembekuan yang berpotensi fatal yang disebut tromboemboli vena (VTE), bentuk yang paling umum adalah trombosis vena dalam (DVT).
Diperkirakan 1 juta orang Amerika akan mengembangkan DVT setiap tahun, dan hingga 100.000 akan meninggal karenanya. Kondisi ini mempengaruhi pembuluh darah terdalam di tubuh Anda, biasanya di kaki atau panggul, meskipun diketahui juga terjadi di lengan.
Penyumbatan terbentuk karena kurangnya sirkulasi darah yang kuat, sering kali disebabkan oleh duduk dalam posisi yang sama untuk waktu yang lama. Saat gumpalan terbentuk, banyak orang akan merasakan nyeri akut dan bengkak di dekat lokasi.
Jika tidak diobati, bekuan darah dapat menyebabkan kerusakan permanen pada sistem pembuluh darah. Beberapa bahkan bisa copot dan berjalan ke paru-paru, memotong suplai darah ke organ dan menyebabkan emboli paru yang mengancam jiwa.
Usia, kebugaran fisik dan kondisi kesehatan yang ada, terutama penyakit jantung dan tekanan darah tinggi, merupakan faktor risiko umum untuk VTE - yang paling umum adalah gaya hidup yang tidak banyak bergerak.
Terlepas dari kesehatan, risiko VTE meningkat hanya dengan duduk, tidak bergerak, cukup lama. Itulah salah satu alasan mengapa pasien yang terbaring di tempat tidur perlu berolahraga jika mereka tidak dapat bergerak.
Para peneliti meninjau tiga studi observasional sebelumnya - semuanya mengatakan, melibatkan lebih dari 130.000 pasien berusia 40 tahun atau lebih, yang belum didiagnosis dengan VTE sebelum partisipasi mereka.
Setelah beberapa tahun, dan hingga 20 untuk beberapa individu, sekitar 1.000 pasien di kolam akhirnya didiagnosis dengan VTE di beberapa titik setelah mereka bergabung dengan penelitian - dan mereka yang bisa disebut pengamat TV berkepanjangan, yang berarti mereka menonton empat jam atau lebih. per hari rata-rata, 35% lebih mungkin untuk mengembangkan VTE.
Baca Juga: Kembali ke Serial Televisi, Vino G. Bastian Tak Mau Dicap Turun Kasta
Temuan mereka diterbitkan Rabu di European Journal of Preventive Cardiology.
Berita Terkait
Terpopuler
- Anaknya Terlibat di Program MBG, Wamenaker Afriansyah Noor Beri Penjelasan Usai Namanya Terseret
- Tak Terima Ditahan KPK, Titin Rita Lestari Bongkar Peran Atasan di Kasus Suap BPK Muara Enim
- Indonesia Sudah Capek! Mahasiswa UI Serukan Demo di Bundaran HI, Tuntut Prabowo Akui Kesalahan
- Peluang Baru Terbuka, Kehidupan 4 Shio Ini Diprediksi Semakin Membaik Mulai 10 Juni 2026
- Beredar 24 Nama Terseret Kasus BGN, Kuasa Hukum Sony Sonjaya: Nama Itu Sudah Diserahkan ke Penyidik
Pilihan
-
Thamrin Lumpuh Total, Massa Aksi Mengular hingga Dukuh Atas Hingga Jumat Malam
-
Ngotot Mau Demo di Bundaran HI Meski Dihadang Aparat, Mahasiswa: Istana dan DPR Tak Mendengar Kami!
-
'Kalau Semua Diam, Siapa yang Akan Bicara?' Alasan Zaskia Adya Mecca Dukung Aksi Mahasiswa
-
Silakan Tabrak Kami! Polisi Tantang Massa Mahasiswa UI yang Nekat ke Bundaran HI
-
Mahasiswa Belum Muncul, Begini Kondisi Terkini Bundaran HI Jelang Aksi 12 Juni
Terkini
-
Anak Sering Ruam atau Diare Setelah Minum Susu? Bisa Jadi Tanda Alergi Susu Sapi
-
Metoo Hadirkan Senyum di Tengah Mobilitas Jakarta lewat Aktivasi Interaktif di CSW
-
Dorong Pola Makan Seimbang, Konsumsi Buah dan Sayur Masih Jadi Tantangan di Indonesia
-
Saat Lambung Mulai Sensitif, Ini Pilihan Makanan yang Lebih Ramah di Perut
-
Quinn Salman Selalu Sempatkan Waktu Bermain Bersama Keluarga, Ternyata Manfaatnya Bagus Banget?
-
Mobilitas Tinggi Bikin Kulit Lebih Rentan Terpapar Kuman, Kapan Perlu Antiseptik?
-
Ancaman Tak Terlihat bagi Lingkungan Perairan: Residu Antidepresan Meningkat di Sungai
-
Layanan Ortopedi Dalam Negeri Kian Dekat dengan Standar Internasional
-
Pengembangan Vaksin Dalam Negeri Kian Maju, Perlindungan terhadap HPV Jadi Fokus
-
Mikroplastik Ada di Makanan, Minuman, hingga Udara: Seberapa Besar Risikonya bagi Kesehatan?