Pebriansyah Ariefana
Minggu, 09 Februari 2020 | 06:15 WIB
Drajad Wibowo. (Antara)

Suara.com - Politikus Partai Amanat Nasional Drajad Wibowo maju jadi calon ketua umum PAN. Dia menyerahkan berkas formulir pendaftaran Calon Ketua Umum PAN secara resmi ke Sekretariat DPP PAN, Jakarta, Sabtu (8/2/2020). Dia janji akan tetap jadi oposisi di pemerintahan Joko Widodo.

Drajat juga bertekad ingin partainya bersih dari korupsi. Drajad yang datang didampingi mantan Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN Jawa Barat Edy Darmadi sekitar pukul 13.10 WIB menyampaikan keinginannya untuk menuntaskan misi dakwah menciptakan partai yang bersih dari korupsi.

"Saya selalu merasa sedih, merasa terpukul setiap saat mendengar ada politisi yang harus bermasalah dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Hal ini membuat masyarakat makin alergi terhadap proses politik," kata Drajad.

Apabila diberi amanat memimpin PAN, dia ingin merombak dan membenahi keuangan partai politik sekaligus PAN akan menjadi pelopor utama dalam menerapkan pola keuangan yang transparan, akuntabel, dan layak diaudit oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan Kantor Akuntan Publik.

"Yang saya ingin lakukan adalah terkait dengan perombakan keuangan tadi itu adalah menata keuangan dari Partai Amanat Nasional supaya tersedia cukup dana untuk membiayai berbagai kegiatan," kata dia.

Selain itu, Drajad juga akan konsisten berada di luar pemerintahan (oposisi) apabila terpilih menjadi Ketua Umum PAN periode 2020—2025.

"Insyaallah, PAN akan konsisten berada di luar pemerintahan. Saya sudah berkomunikasi dengan beberapa pembantu Pak Jokowi. Di luar pemerintahan bukan berarti pukul-pukulan, melainkan kami akan menjadi mitra di dalam mencari solusi kebijakan yang terbaik," ujar Drajad.

Drajad mengatakan bahwa PAN di bawah kepemimpinannya kelak secara bahu-membahu akan berikhtiar mencari solusi terbaik bagi berbagai persoalan yang melanda masyarakat dan negara. Penyerahan berkas formulir pendaftaran calon ketua umum PAN dibuka pada hari Sabtu. Hal ini disampaikan Sekretaris Panitia Pengarah (Steering Committee/SC) Kongres PAN Saleh Partaonan Daulay, Jumat (7/2/2020).

"Pendaftaran akan dibuka mulai 8 Februari. Selanjutnya, panitia pemilihan akan melakukan verifikasi terhadap persyaratan dan kelengkapan berkasnya," kata Saleh.

Sebelumnya, politikus Asman Abnur sudah terlebih dahulu menyerahkan berkas formulir pendaftaran sebagai Caketum PAN pada hari Sabtu pukul 10.30 WIB.