News / nasional
Bangun Santoso | Bagaskara Isdiansyah
Presiden RI ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) setelah menjalani operasi besar penyakit kanker prostat dalam video seperti dikutip Suara.com, Selasa (23/11/2021).

Suara.com - Ketua Dewan Kehormatan Partai Demokrat, Hinca Pandjaitan, menyampaikan bahwa Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan segera pulang ke Tanah Air pasca-operasi penyembuhan kanker prostat.

"Segera (pulang) kau denger aja nanti kabar-kabar," kata Hinca di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (16/12/2021).

Hinca mengatakan, SBY sudah sembuh dari penyakit kanker prostat stadium awal yang dideritanya. Tindakan medis juga sudah dijalani SBY dalam proses pengobatan tersebut.

"Sudah sembuh dan sudah selesai operasinya sudah selesai," katanya.

Baca Juga: Kabarkan Kondisi SBY Usai Operasi Kanker Prostat di Amerika, AHY Selipkan Pesan Haru

Hinca berharap dengan kesembuhan dan kesehatan yang sudah membaik, nantinya SBY bisa berkumpul kembali bersama keluarga dan kader Demokrat.

"Segera posisinya sudah sehat mudah-mudahan bisa berkumpul sama kita dalam waktu dekat," katanya.

Jalani Pengobatan

Sebelumnya, SBY menjalani medical check up dan perawatan di luar negeri lantaran disebut menderita penyakit Kanker Prostat. Kanker Prostat yang dialami SBY masih dalam stadium awal.

Hal itu disampaikan oleh Staf pribadinya yakni Ossy Dermawan. Menurutnya beberapa hari terakhir ini dirinya banyak menerima pertanyaan terkait dengan kondisi kesehatan SBY.

Baca Juga: Pesan Sedih AHY Lihat SBY Sakit Kanker Prostat: Rawatlah Orang Tua...

"Adalah benar Bapak SBY dalam waktu dekat akan melakukan medical check-up dan treatment di luar negeri. Sesuai dengan diagnosa dari Tim Dokter, Bapak SBY mengalami kanker prostat (prostate cancer)," kata Ossy dalam keterangannya yang diterima Suara.com, Selasa (2/11/2021).

Menurut Ossy, berdasarkan hasil pemeriksaan baik melalui metode MRI, biopsi, Positron Emission Tomography (PET) Specific Membrane Antigen (SMA) Scan dan pemeriksaan yang lain, kanker prostat yang diderita oleh SBY masih berada dalam tahapan (stadium) awal.

Ia mengatakan, sesuai dengan kondisi kesehatan SBY saat ini, Tim Dokter menyimpulkan semua opsi terbuka untuk melakukan pengobatan dan penyembuhan SBY.

"Setelah dilakukan konsultasi yang mendalam dengan Tim Dokter Indonesia, termasuk para urolog senior, diputuskan medical treatment dilakukan di sebuah rumah sakit di luar negeri yang memiliki pengalaman panjang dan teknologi yang maju untuk menangani kanker prostat," tuturnya.

Ossy mengatakan, Ketua Tim Dokter luar negeri dalam komunikasi langsung dengan SBY via telemedicine, setelah mempelajari semua data kesehatan SBY, menyampaikan optimismenya untuk bisa mengatasi penyakit yang diderita SBY.

Komentar

terkini