News / nasional
Rifan Aditya
Cek Kuota Sekolah SNMPTN 2022: Persyaratan dan Jadwalnya di ltmpt.ac.id - ilustrasi - Para siswa SMA berjalan di halaman sekolah yang telah menerapkan PTM di tengah pandemi. ANTARA/dokumen

Suara.com - Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Tahun 2022 akan mulai dibuka pada tanggal 14-28 Februari 2022. Informasi kuota sekolah SNMPTN 2022 telah diumumkan hari ini, Selasa (28/12/2021).

Saat ini informasi lengkapnya sudah dapat diakses melalui laman www.ltmpt.ac.id. Cara mengecek kuota sekolah SNMPTN 2022 adalah dengan masuk ke laman tersebut dan pilih menu SNMPTN 2022 dan pilih sub menu Kuota Sekolah.

Pada pencarian sekolah, Anda dapat memilih berdasarkan lokasi mapun nomor NPSN. Agar lebih lengkap mengetahui kuota sekolah SNMPTN 2022, simak artikel ini sampai habis.

Kuota dan Persyaratan Sekolah

Baca Juga: SNMPTN 2022: Syarat Sekolah, Syarat Peserta dan Tata Cara Pendaftaran

Dikutip dari laman www.ltmpt.ac.id, adapun persyaratan kuota SNMPTN untuk setiap sekolah berdasarkan akreditasinya, antara lain:

  • Akreditasi A: 40% terbaik di sekolahnya
  • Akreditasi B: 25% terbaik di sekolahnya
  • Akreditasi C dan lainnya: 5% terbaik di sekolahnya

Selain itu SMA/MA/SMK yang mendapatkan kuota SNMPTN adalah yang sudah memiliki NPSN, sudah mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).

Sekolah harus mengisikan data siswa hanya yang eligible sesuai dengan ketentuan yang berlaku di bawah ini.

Persyaratan Siswa SNMPTN 2022

Siswa yang dapat mendaftar SNMPTN 2022 diwajibkan untuk memenuhi persyaratan yang harus dilengkapi berikut ini.

Baca Juga: 6 Tips dan Trik Lolos SNMPTN 2022, Pelajar Wajib Tahu!

  1. Siswa SMA/MA/SMK kelas 12 yang memiliki prestasi prestasi akademik dan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh masing-masing PTN
  2. Memiliki NISN dan terdaftar di PDSS
  3. Memiliki nilai rapor semester 1 s.d. 5 yang telah diisikan di PDSS
  4. Siswa yang memilih program studi bidang seni dan olahraga diwajibkan untuk mengunggah Portofolio.
Ada 20 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang paling banyak diminati lewat jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021.

Jadwal SNMPTN 2022

Komentar