News / nasional
Chyntia Sami Bhayangkara
julukan presiden indonesia (Setnegpedia)

Suara.com - Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) telah memberikan julukan kepada seluruh mantan Presiden Indonesia yang pernah menjabat. Mulai dari Soekarno hingga Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Apa saja julukan Presiden Indonesia?

Kemensetneg mengunggah berbagai julukan presiden Indonesia lewat akun media sosial Twitter dan Instagram resmi Setneg @KemensetnegRI pada Minggu (17/4/2022). Berikut ini adalah julukan mantan presiden RI mulai dari Soekarno hingga Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang diunggah di akun Setneg tersebut:

1. Soekarno: Bapak Proklamasi

Presiden pertama RI mendapatkan julukan Bapak Proklamator karena memiliki kontribusi besar membacakan teks proklamasi kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945.

Baca Juga: 6 Presiden Terima Julukan, Netizen Riuh Kasih Usul Julukan untuk Jokowi: Jawabannya Malah Tak Terduga

Proklamasi adalah momen paling penting bagi Indonesia ketika lahir sebagai negara yang berdaulat dan Soekarno adalah aktor utama dari momen tersebut. Bersama dengan Mohammad Hatta, Soekarno menandatangani naskah proklamasi atas nama Bangsa Indonesia.

2. Soeharto: Bapak Pembangunan

Soeharto mendapatkan julukan sebagai Bapak Pembangunan, di mana julukan ini diberikan tak lepas andil jenderal besar itu memprakarsai program pembangunan ekonomi (repelita) sebagai prioritas utama selama masa jabatannya.

Pembangunan tersebut dilakukan secara bertahap dan terencana. Tidak cuma di perkotaan, pedesaan pun turut merasakan pembangunan yang dilakukan era kepemimpinan Presiden Soeharto. Julukan Bapak Pembangunan sudah lama disematkan pada presiden kedua ini sejak ia masih memimpin.

3. BJ Habibie: Bapak Teknologi

Baca Juga: SBY Tegaskan Hanya Ada Satu Matahari Di Partai Demokrat

Julukan Presiden Indonesia ini disematkan kepada Presiden BJ Habibie lantaran kecerdasannya di bidang teknologi dan industri penerbangan. Bahkan, pesawat N250 Gatotkaca yang menjadi pesawat pertama buatan Indonesia adalah hasil gagasannya.

Komentar

terkini