Otomotif / mobil
RR Ukirsari Manggalani
New Toyota Vellfire (kiri) dan New Toyota Alphard. Sebagai ilustrasi [Dok Toyota Astra Motor]

Suara.com - Ratusan unit mobil mewah kategori Multi-Purpose Vehicle (MPV) mewah dan menengah, sampai Sport Utility Vehicle (SUV) disiapkan bagi peserta Musyawarah Nasional (Munas) VIII Kamar Dagang dan Industri (Kadin) di Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra).  Modelnya antara lain adalah Toyota Alphard dan Mitsubishi Pajero, sampai Toyota Innova.

Dikutip dari kantor berita Antara, acara itu akan berlangsung tiga hari. Yaitu 30 Juni sampai 2 Juli 2021.

"Panitia Munas Kadin Indonesia ke-VIII memastikan semua kelengkapan sarana, prasarana maupun transportasi yang akan digunakan tamu undangan dan peserta telah disiapkan dan rampung 90 persen," jelas Koordinator Bidang Perlengkapan dan Transportasi, Penjemputan, Keamanan dan Kesehatan Kadin Sultra Muhammad Alif Annur Rahim di Kendari, Senin (28/6/2021).

Deretan mobil keren ini sekarang sudah diparkir rapi di samping kantor Kadin Sulawesi Tenggara, atau di sekitar by pass di Jalan ZA Sugianto, Kota Kendari.

Baca Juga: Assetto Fiorano, Versi Ferrari 296 GTB Hybrid yang Lebih Bertenaga

Kendaraan mewah yang sudah terparkir di pelataran kantor Kadin Sultra, siap untuk peserta Munas Kadin Indonesia (Foto ANTARA/Azis Senong)

Menurut Muhammad Alif Annur Rahim, untuk kesiapan kendaraan, kondisinya sudah 90 persen, sedangkan sisanya akan tiba hari ini. Yaitu delapan unit bus kapasitas 28 kursi yang berada dalam perjalanan.

"Kalau kendaraan itu tiba, maka kebutuhan Munas Kadin sudah 100 persen. Kami dari panitia bidang Transportasi, Alhamdulillah tidak mengalami kendala," jelasnya usai mengecek satu persatu kendaraan yang tiba.

Untuk pembagian per unit mobil, masing-masing mobil digunakan oleh panitia pusat, lalu delegasi 34 provinsi dan peninjau. Total 250 unit, didatangkan dari Makassar dan Kendari. Sopir yang bertugas harus dalam kondisi sehat.

"Jadi setiap sopir wajib menjalani swab antigen. Ada ID card, kemudian memakai batik selama pelaksanaan Munas," jelasnya.

Sedangkan untuk mobil Presiden dengan pejabat negara lainnya, panitia menyerahkan sepenuhnya kepada protokol Kepresidenan. Sementara untuk mobil Menteri dan panitia pusat, seluruhnya sudah disiapkan.

Baca Juga: Rolls-Royce Landspeed Collection: Penghormatan Atas Pencetak Rekor Kecepatan di Darat

"Soal waktu penjemputan, akan dikoordinasikan dengan panitia pusat. Begitupun kedatangan Presiden semua sudah diatur. Intinya kami sangat siap menyukseskan Munas Kadin," tukas Muhammad Alif Annur Rahim.

Sejauh ini, panitia lokal juga telah berkoordinasi dengan depot TBBM Pertamina Kendari, untuk kesiapan Bahan Bakar Minyak (BBM) kendaraan peserta Munas Kadin Indonesia.

Sementara itu, ketua panitia lokal Munas Kadin ke-VIII Sultra, Suwandi Andi menegaskan, penerapan protokol kesehatan pada Munas kali ini sangat ketat, dibandingkan dengan kegiatan Nasional lainya.

"Siapapun yang akan masuk ke dalam ruang musyawarah, harus melalui beberapa tahapan pemeriksaan kesehatan secara ketat untuk menghindari penyebaran Covid-19," tambahnya.

Suwandi, juga ketua Komisi III DPRD Sultra itu menyebutkan bahwaa panitia Munas Kadin Indonesia juga telah mengantongi izin resmi dari Satgas Covid-19 Sultra. Termasuk izin dari Gubernur Ali Mazi.

Komentar