Sport / arena
Arief Apriadi
Kolase foto atlet para balap sepeda Muhammad Fadli Imammudin dan para tenis meja David Jacobs (kanan). [Media NPC Indonesia]

Suara.com - Tanggal 17 Agustus jadi hari yang bersejarah bagi bangsa Indonesia dan atlet Merah Putih yang akan berlaga di Paralimpiade Tokyo 2020.

Berbarengan dengan perayaan Hari Ulang Tahun ke-76 Republik Indonesia, kloter pertama kontingen Paralimpiade Merah Putih bertolak ke Tokyo, Jepang.

Dua dari 23 atlet yang akan bertanding di pesta olahraga disabilitas dunia itu coba memaknai hari kemerdekaan Indonesia. Mereka adalah atlet para tenis meja David Jacobs dan para balap sepeda Muhammad Fadli Imammudin.

“Kemerdekaan itu bagaimana kita bisa berkarya sesuai dengan bakat, kemampuan dan talenta yang telah Tuhan berikan kepada kita,” ucap David Jacobs dalam rilis NPC Indonesia, Selasa (17/8/2021).

Baca Juga: Atlet Afghanistan Batal Berlaga di Paralimpiade Tokyo

“Kita harus mengisi kemerdekaan ini dengan melakukan hal-hal yang positif sesuai dengan kemampuan kita untuk diberikan kepada bangsa dan negara."

"Kita harus melakukannya dengan doa, usaha, kerja keras dan konsisten. Yakinlah apa yang kita lakukan suatu saat akan menjadi besar,” tambah peraih medali emas Asian Para Games 2018 itu.

Harapan optimisme turut dilontarkan Muhammad Fadli. Atlet yang baru pertama kali tampil di Paralimpiade ini berharap generasi muda Indonesia berjuang dan berkompetisi di semua bidang.

“Kemerdekaan Indonesia kali ini adalah momen dimana kita sebagai kawula muda terus berjuang dengan berkompetisi sesuai dengan bidangnya masing-masing, seperti saya berjuang di olah raga. Kompetisi ada di semua bidang tergantung kita akan mengambilnya atau tidak,” harap Fadli.

“Harapan saya sebagai generasi muda kedepannya Indonesia jauh lebih baik lagi apalagi di masa pandemi ini dimana semua mengalami keterpurukan."

"Kita bangkit sama-sama baik dari bidang olah raga dan semua bidang yang bisa bikin Indonesia lebih maju,” tambah Fadli.

Baca Juga: Tekad Jendi Pangabean Perbaiki Prestasi di Paralimpiade Tokyo 2020

Indonesia meloloskan 23 atlet ke Paralimpiade Tokyo 2020. Itu merupakan jumlah atlet terbanyak yang pernah dikirim tim Merah Putih ke ajang Paralimpiade.

Komentar