Bisnis / keuangan
Chandra Iswinarno | Achmad Fauzi
Ilustrasi perkebunan kelapa sawit di Indonesia. [perkebunan.litbang.pertanian.go.id]

Suara.com - PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk (SSMS) perusahaan kelapa sawit mendapat berkah dari kenaikan harga komoditas-komoditas termasuk minyak kepala sawit mentah atau Crude Palm Oil (CPO). Sebab, kinerja perseroan terutama laba bersih meningkat drastis. 

Direktur Utama SSMS Vallauthan Subraminam mengatakan, dengan raihan kinerja itu perseroan optimis bisa meraih target laba bersih sebesar Rp 1,5 triliun

Dalam laporan keuangan SSMS, laba bersih pada kuartal III telah mencapai Rp 1,03 triliun. Angka itu melesat 287,83 persen dibandingkan tahun periode yang sama sebesar Rp 264,97 miliar. 

"Kami juga patut bersyukur terhadap performa harga kelapa sawit global yang turut andil dalam meningkatnya penjualan CPO Perusahaan," ujar Vallauthan dalam konferensi pers virtual, Selasa (30/11/2021).

Baca Juga: Kinerja Melonjak, Sawit Sumbermas Sarana (SSMS) Masuk MSCI Small Cap Index

Dalam kesempatan yang sama, CFO SSMS Hartono Jap memaparkan, realisasi belanja modal atau capital expenditur (capex) tahun ini sudah terserap sekitar 65 persen.

Namun, pada bulan ini dan Desember pihaknya akan terus melanjutkan capex yang sudah dianggarkan pada tahun ini. 

"SSMS selalu bisa melakukan kinerja di cuaca apapun dan itu disebabkan oleh core infrastruktur yang selalu terjaga. Capex SSMS terserap pada pengerasan jalan, poll the road dan pembuatan jembatan itu semua kita lakukan," ucap dia.

Hartono menambahkan, Capex tahun 2022 direncanakan sekitar Rp 500 miliar - Rp 600 miliar, dari jumlah itu serapan terbesar akan terealisasi untuk bangunan, infrastruktur, alat berat.

"Jadi fokus kami pada core infrastructure untuk memberikan kenyaman para pekerja agar bisa bekerja maksimal di perkebunan SSMS serta memberikan hasil yang positif untuk perseroan," katanya.

Baca Juga: Laba Sawit Sumbermas Naik 286,38 Persen Dalam Setahun

Untuk diketahui, Emiten perkebunan dan pengolahan sawit PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk berhasil mencatat laba bersih Rp 1,03 triliun pada kuartal III 2021. Angka tersebut naik 286,38 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu Rp 267,65 miliar.

Komentar