Bisnis / inspiratif
M Nurhadi
Ilustrasi Wawancara Kerja (pexels.com/Gustavo Fring)

Suara.com - Wawancara kerja menjadi tahap yang penting dan menentukan apakah kamu layak diterima di sebuah perusahaan dan memulai karier di sana.

Kandidat karyawan harus mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk menghadapi wawancara kerja. Jika kamu adalah kandidat karyawan itu, berikut lima tips lolos wawancara kerja yang bisa dipraktikkan.

1. Bicara dengan Penuh Percaya Diri

Hal penting ketika menjawab pertanyaan dalam wawancara kerja adalah menjawab pertanyaan dengan percaya diri. Dengan demikian, jawabanmu atas pertanyaan yang diajukan pihak HRD bisa lebih terlihat meyakinkan.

Baca Juga: TikTok Digugat Lantaran Gagal Lindungi Kesehatan Mental Pekerjanya

Dalam wawancara, pastikan kamu menunjukkan semua kemampuan dan kapasitas di bidang yang ingin kamu geluti. Perhatikan pula intonasi dan kejelasan nada bicara, jangan bicara dengan tertawa, atau gugup. Tidak diperbolehkan pula menggunakan nada yang meremehkan orang lain.

2. Lakukan Riset

Tips lolos wawancara kerja yang penting namun jarang dilakukan kandidat adalah melakukan riset terhadap perusahaan.

Riset berguna sebagai persiapan materi dan menunjukkan bahwa kamu memang benar-benar memiliki ketertarikan terhadap perusahaan ini.

Kamu juga bisa nyambung jika interviewer bercerita soal background perusahaan. Selain soal perusahaan, lakukan riset terhadap tugas pada posisi yang kamu lamar. Pastikan ketika kamu ditanya, kamu bisa menguasai sebagian besar bidang kerjamu kelak. Riset ini menjadi lebih penting bagi lulusan baru karena belum pernah terjun di bidang pekerjaan itu sebelumnya.

Baca Juga: Semangat Baru, Tjarda Muchtar Didapuk Sebagai Ketua PPKJ Periode 2021-2025

3. Datang Tepat Waktu

Komentar