News / metropolitan
Dany Garjito | Nur Khotimah
Cek Fakta: Emoji Ukiran Wajah dari Batu adalah Gambar Berhala? (Facebook)

Suara.com - Belakangan beredar postingan Facebook berisi tangkapan layar hasil pencarian Google untuk kata kunci "berhala terbesar di Mekkah". Postingan tersebut berujung pada klaim miring soal salah satu emoji.

Jika menuliskan kata kunci tersebut di Google, hasil yang muncul adalah foto deretan patung batu. Hal ini lantas menimbulkan narasi miring di beberapa akun Facebook.

Salah satu akun Facebook membagikan hasil pencarian tersebut pada 2 Oktober 2021. Dia menuliskan caption yang seolah menyatakan bahwa patung itu sama dengan emoji ukiran wajah manusia dari batu.

"Ingatt Yah Ukhty Akhy Ngga Boleh Make Emot Macam Niii," begitu bunyi keterangan yang dituliskan oleh akun Facebook tersebut untuk mengiringi unggahannya.

Baca Juga: Lampiaskan Sakit Hati Karena Diselingkuhi, Ibu Ini Malah Ramai Tuai Kritik Warganet

Postingan ini lantas dibagikan ulang oleh akun lain dengan caption berbunyi yang lebih singkat. "Setidaknya memberi tahu", tulis akun Facebook yang berbeda dalam unggahannya.

Lantas, benarkah klaim tersebut?

Cek Fakta: Emoji Ukiran Wajah dari Batu adalah Gambar Berhala? (Facebook)

PENJELASAN

Berdasarkan penelusuran tim Cek Fakta Suara.com, postingan Facebook yang menampilkan emoji ukiran wajah manusia dari batu adalah gambar berhala merupakan hoaks alias salah.

Gambar patung yang muncul di hasil pencarian Google untuk kata kunci "berhala terbesar di Mekkah" juga bukanlah berhala. Itu adalah gambaran patung Moai yang ada di Pulau Paskah, Republik Chili.

Baca Juga: CEK FAKTA: Jokowi Sebut Virus Covid-19 Bisa Hilang dengan Sinar Matahari, Benarkah?

Moai merupakan patung batu raksasa yang terinspirasi dari sosok manusia dan sudah menjadi salah satu ciri khas dari Pulau Paskah. Pulau ini dilaporkan memiliki sekitar 1.000 patung Moai yang berasal dari 1250 dan 1500 Masehi.

Sampai sekarang dikabarkan bahwa asal dan tujuan pembuatan patung Moai masih belum diketahui. Para ilmuwan berspekulasi bahwa lokasi patung Moai membantu penduduk untuk mengidentifikasi sumber air tawar.

Patung inilah yang kemudian menjadi emoji di aplikasi chatting. Emoji patung ini dibuat berbentuk ukiran kepala manusia, dengan alis, serta hidung yang menonjol yang seringnya menghadap ke kiri.

Melansir laman Emojigraph.org, emoji Moai paling sering digunakan untuk mengiringi unggahan soal bepergian dan melihat keajaiban bumi. Emoji ini juga bisa menggambarkan nuansa mitos dan misteri.

KESIMPULAN

Berdasarkan penelusuran di atas, maka dapat disimpulkan bahwa klaim emoji ukiran wajah manusia dari batu adalah gambar berhala merupakan hoaks alias salah.

Komentar