News / nasional
Chyntia Sami Bhayangkara
Siapa Jamaluddin Jompa? Dekan Sekolah Pascasarjana Unhas Prof Jamaluddin Jompa [SuaraSulsel.id / Istimewa]

Suara.com - Nama Jamaluddin Jompa menjadi sorotan publik. Tak sedikit orang bertanya-tanya, siapa Jamaluddin Jompa sebenarnya?

Jamaluddin Jompa adalah seorang profesor yang baru saja terpilih menjadi rektor Universitas Hasanuddin periode 2022-2026.

Jamaluddin Jompa meraih suara tertinggi dalam pemilihan rektor Universitas Hasanuddin atau Unhas. Ia mendapatkan 11 suara mengalahkan dua rivalnya, Farida Patittingi yang mendapatkan 9 suara dan Budu yang memperoleh 5 suara.

Agar bisa mengenal lebih jauh tentang siapa Jamaluddin Jompa, berikut Suara.com mengulas profil singkat Jamaluddin Jompa.

Baca Juga: Profil Aliando Syarief: Putuskan Vakum dari Entertainment Demi Kesehatan Mental

Siapa Jamaluddin Jompa

Jamaluddin Jompa lahir di Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan pada 8 Maret 1967. Ia menjadi profesor di bidang ekologi laut dengan pengalaman penelitian yang cukup banyak dalam biologi terumbu karang dan banyak bekerja bersama masyarakat pesisir.

Saat ini, Jamaluddin Jompa menjabat sebagai Dekan Pasca Sarjana Unhas dan dosen Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Unhas.

Jamaluddin bercerita, sejak kecil, ia kerap berpindah-pindah sekolah. Ia harus mengikuti ayahnya yang berprofesi sebagai tentara.

Waktu Sekolah Dasar, Jamaluddin Jompa menempuh pendidikan di Sampeang, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan. Belum tamat, ia harus pindah sekolah lagi ke Kabupaten Pinrang. Hingga SMA, Jamaluddin Jompa menghabiskan waktunya di Pinrang. Ia adalah alumni SMAN 2 Pinrang.

Baca Juga: Profil Tiffani Afifa, Dokter hingga Influencer yang Lagi Dikritik Fans K-Pop

Jamaluddin Jompa mengaku suka belajar soal pengetahuan alam termasuk laut sejak sekolah dasar. Ia kemudian mendaftar pada Jurusan Perikanan Universitas Hasanuddin. Dari situ, Jamaluddin Jompa mendalami soal ilmu kelautan dan perikanan. Ia fokus meneliti soal terumbu karang dan ekologi pesisir.

Komentar

terkini