News / nasional
Chyntia Sami Bhayangkara
Pengisian ulang e-toll dengan Polytron Prime 7, cara cek saldo e-toll [Polytron Indonesia]

Suara.com - Kartu elektronik e-Toll digunakan untuk melakukan transaksi pembayaran biaya jalan tol di sebagian wilayah di Indonesia. Bagi orang yang hendak mudik lebaran lewat jalan tol, kartu e-Toll ini adalah hal wajib yang harus dipersiapkan. Lantas, bagaimana cara cek saldo e-Toll?

Jangan lupa untuk selalu memeriksa saldo kartu e-Toll sebelum bepergian untuk menghindari kendala saat hendak masuk ke jalan tol. Lantas, bagaimana cara cek saldo e-Toll yang mudah dan cepat? 

Mengenal apa itu e-Toll

e-Toll adalah kartu elektronik yang digunakan untuk melakukan transaksi sistem pembayaran non-tunai (cashless) saat memasuki Jalan Tol di seluruh Indonesia. Tentunya e-Toll berisi ini saldo uang elektronik dengan jumlah saldo yang cukup sesuai jarak tempuh perjalanan dan pembayarannya dilakukan secara tapping di Gerbang Tol Otomatis.

Baca Juga: Kapan Berlaku Ganjil Genap di Tol? Simak Aturannya Sebelum Berangkat Mudik!

Dimulai secara serentak sejak Oktober tahun 2017 lalu, e-Toll memiliki peran yang penting dalam mengurangi kemacetan saat antrian dan langkah modernisasi (mempermudah dan mempercepat) pembayaran dengan estimasi waktu sekitar 4 detik.

Saldo e-Toll ini dapat diisi ulang pada beberapa gerbang tol yang tersedia melalui layanan top up saldo elektronik, kemudian di rest area Jalan Tol yaitu pada minimarket yang menyediakan layanan pengisian saldo elektronik tersebut.

Cara Cek Saldo e-Toll

Berikut ini adalah cara cek saldo e-Toll dengan dua metode yang mudah:

1. Dengan NFC (Near Field Communication)

Baca Juga: Catat! Ini Jadwal dan Lokasi Ganjil Genap Mudik Lebaran 2022, Jangan Sampai Keliru!

Pada umumnya, kartu e-Toll adalah produk dari Bank Mandiri. Maka untuk mengecek saldo e-Toll, Anda bisa menggunakan aplikasi Livin' by Mandiri. Berikut ini adalah caranya:

Komentar

terkini