News / nasional
Erick Tanjung
Masyarakat diimbau tetap memakai masker saat beraktivitas di Malioboro. (SuaraJogja.id/Muhammad Ilham Baktora)

Suara.com - Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta mengimbau masyarakat lokal maupun wisatawan tetap memakai masker saat beraktivitas di Malioboro meski kebijakan pelonggaran penggunaan masker di ruang terbuka telah diberlakukan.

"Boleh saja tidak menggunakan masker pada saat sedang tidak banyak orang, tapi Malioboro ini kan antara sepi dengan ramai banyak ramainya. Jadi lebih baik kalau jalan di Malioboro masker digunakan saja," kata Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji di Kepatihan, Yogyakarta, Rabu (18/5/2022).

Menurut Aji, pada prinsipnya Pemda DIY menyelaraskan kebijakan dengan pemerintah pusat termasuk dalam pelonggaran penggunaan masker.

Keputusan Presiden Joko Widodo terkait kebijakan pelonggaran itu, menurut dia, telah didasari berbagai kajian yang matang, termasuk di antaranya terkait dengan antibodi yang dimiliki masyarakat secara nasional.

Baca Juga: Pemakaian Masker di Luar Ruangan Dilonggarkan, Wisatawan di Malioboro Diminta Terapkan Ini

"Kalau nasional sekarang sudah ketemu 99 persen sudah punya antibodi yang baik, ya mudah-mudahan Yogyakarta juga sudah," ujar dia.

Di sisi lain, menurut dia, angka konfirmasi positif di DIY juga telah menurun secara drastis dan tidak mengalami lonjakan meski banyak kerumunan saat momentum Lebaran 2022.

"Mudah-mudahan ini karena memang sudah tidak ada penularan lagi, sehingga kita akan ikuti," kata Aji.

Meski demikian, Sekda DIY meminta masyarakat tetap berhati-hati dengan menerapkan pelonggaran penggunaan masker sesuai arahan Presiden Jokowi yakni hanya saat di luar ruangan dan tidak banyak orang.

"Di out door pun kalau banyak orang kan tetap harus menggunakan masker," kata dia.

Baca Juga: Kriteria Orang Wajib Masker, Walau Sudah Dilonggarkan Boleh Tidak Pakai di Luar Ruangan

Sedangkan bagi masyarakat yang merasa tidak percaya diri untuk melepas masker, menurut Aji, tidak ada salahnya tetap menggunakan seperti biasa.

Komentar

terkini