Otomotif / mobil
RR Ukirsari Manggalani
Pembagian paket penunjang protokol kesehatan oleh Kemenhub bagi pemudik Natal dan Tahun Baru di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta. (ANTARA/HO/Enesis Group)

Suara.com - Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat membagikan paket perlengkapan penunjang protokol kesehatan (prokes) di delapan titik jalur mudik di Jakarta dan sekitarnya.

Dikutip kantor berita Antara dari rilis pers Kementerian Perhubungan, pihak pemerintah ini bekerja sama dengan swasta, memberikan barang penunjang kebersihan seperti hand sanitizer, minyak aromaterapi, lotion anti nyamuk, dan suplemen vitamin bagi pemudik Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 atau Libur Nataru di Stasiun Senen, Gambir, Terminal Kampung Rambutan, Terminal Pulogadung, dan juga Pelabuhan Merak, Banten.

Sejumlah calon penumpang menunggu kedatangan bus di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta, Selasa (21/12/2021). [Suara.com/Angga Budhiyanto]

Dirjen Perhubungan Darat, Kemenhub, Budi Setiyadi, dalam siaran pers dikutip Kamis (6/1/2022) mengatakan bahwa dalam situasi pandemi COVID-19 yang belum berakhir sekarang, walau kasus sudah menurun, semua anggota masyarakat tidak bolah abai dan tetap taat protokol kesehatan.

"Kita masih dalam suasana COVID-19 yang belum berakhir. Walaupun kasus sudah menurun, namun seperti yang diharapkan Bapak Menteri Perhubungan Bapak Budi Karya Sumadi jangan sampai kita semua lalai, jangan sampai kita semua abai dan terus meningkatkan komunikasi kita kepada masyarakat untuk tetap taat protokol kesehatan," jelas Budi Setiyadi.

Baca Juga: CES 2022: BMW iX M60 sampai Mercedes Vision EQXX Naik Panggung di Pameran Teknologi Ini

Pembagian paket perlengkapan kesehatan ini merupakan kerja sama Kemenhub dengan Enesis Group yang diharapkan dapat melindungi masyarakat dalam perjalanan mereka sehingga aman dan sehat.

"Tahun lalu, kami melakukan hal yang sama dengan beberapa moda transportasi, dan tahun ini kolaborasi dengan Kementerian Perhubungan RI kami pun konsisten untuk terus melindungi dan menjaga kesehatan masyarakat Indonesia," kata Elkana Lewerisa, Head of Public Relation Enesis Group.

Pembangian paket perlengkapan kesehatan ini diharapkan berkontribusi dalam upaya perketatan protokol kesehatan selama masyarakat bepergian pada momen Natal dan Tahun Baru.

Selain di Jakarta dan Banten, paket perlengkapan penunjang protokol kesehatan ini juga dibagikan di Pelabuhan Ketapang Banyuwangi (Jatim), Rest area KM 72 tol Cipali, dan Jembatan Timbang Balong Gandu Karawang, Jabar.

Baca Juga: CES 2022: Kolaborasi dengan Luminar, Volvo Siapkan Ride Pilot

Komentar